Magelang

Kendaraan Operasional Pemerintah Wajib Bantu Evakuasi Saat Situasi Darurat Merapi

Kendaraan Operasional Pemerintah Wajib Bantu Evakuasi Saat Situasi Darurat Merapi

Kendaraan Operasional Pemerintah Wajib Bantu Evakuasi Saat Situasi Darurat Merapi
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Djoko Tjahjono, dalam rapat koordinasi penanggulangan erupsi merapi di BPBD Kabupaten Magelang, Rabu (20/2/2019), mengatakan akan mendata seluruh kendaraan operasional pemerintah yang akan digunakan membantu evakuasi saat situasi darurat. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang mendata seluruh kendaraan operasional milik Pemerintah Kabupaten Magelang.

Kendaraan ini yang juga akan digunakan untuk mengangkut dan mengevakuasi warga jika bencana erupsi terjadi sewaktu-waktu.

"Kami memetakan kendaraan yang digunakan untuk evakuasi dan transportasi warga untuk mengungsi ke penampungan sementara pada saat terjadi erupsi," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Djoko Tjahjono, Rabu (20/2/2019).

Djoko mengatakan, dalam situasi darurat, alat transportasi yang akan digunakan adalah seluruh kendaraan operasional pemerintah Kabupaten Magelang, tak menutup kemungkinan kendaraan dari TNI dan Polri.

Baca: Guguran Lava Pijar Masih Terjadi

Baca: Pemkab Sleman Bentuk UPT Tangani Kasus Perundungan Bagi Anak Remaja

Pihaknya pun sudah mengirimkan surat kepada seluruh SKPD untuk memberikan data kendaraan yang bisa digunakan untuk mengevakuasi warga apabila terjadi erupsi.

"Data kendaraan yang dapat digunakan jika situasi darurat terjadi," katanya.

Lanjutnya, pendataan terhadap kendaraan operasional ini penting, hal ini karena pengalaman erupsi yang sudah terjadi, koordinasi di tingkat desa sering kacau, termasuk masalah angkutan kendaraan.

Situasi seperti ini diantisipasi dengan menggunakan kendaraan milik pemerintah.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved