Kaos Lukis Batik

Misi Kenalkan Warisan Budaya Nusantara Lewat Kaos Lukis Batik

Misi Castle Kaos Lukis Kenalkan Warisan Budaya Nusantara Lewat Kaos Lukis Batik

Misi Kenalkan Warisan Budaya Nusantara Lewat Kaos Lukis Batik
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Proses pembuatan kaos lukis dengan pewarna batik 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Kaos lukis dengan pewarna batik memang bukan hal yang baru di Taman Sari.

Warga di sekitar Taman Sari terbiasa mengenakan kaos lukis hasil kreasinya sebagai pakaian sehari-hari.

Bahkan ketika Tribunjogja.com mengunjungi Kampung Taman, Patehan, Kraton pada Sabtu (14/7/2018) sore, beberapa rumah warga yang ada di kampung ini pun dindingnya dihiasi dengan berbagai lukisan.

Melihat potensi yang ada di Taman Sari di mana banyak warga yang mempunyai keahlian di bidang seni rupa dan kreatifitas melukis, Maharsitama Anindita pemilik Castle Kaos Lukis berinisiatif menggandeng beberapa rekannya untuk mengembangkan potensi kaos lukis dengan pewarna batik sejak 2014 lalu.

Co - owner Castle Kaos Lukis Ardha Bryan Kharisma menyampaikan, kaos lukis dengan pewarna batik kreasi warga seperti ini perlu disebarkan secara luas.

"Di Taman Sari, banyak orang yang punya kemampuan perupa lukisan, sketsa wajah, pembatik. Sayang jika hanya ada di Taman Sari, makanya dipublikasikan secara luas," kata Ardha.

Baca: Kaos Lukis Asal Taman Sari Tembus Pasar Luar Negeri

Menurutnya, kreativitas warga jika hanya berkembang di Taman Sari saja kurang, untuk itu dirinya mencoba untuk mempublikasikan kaos lukis dengan pewarna batik melalui Facebook.

"Dari kekuatan media sosial itu, tahun 2015 Castle diundang ke Malaysia mengikuti STYLO Asia Fashion Week untuk memajang karya kaos lukis," lanjutnya.

Ardha menambahkan, selain diundang di Malaysia, Castle Kaos Lukis juga pernah memajang kaos lukisnya untuk diperagakan di New York.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved