Siapkah Indonesia Menyongsong Era Industri 4.0?

Indonesia juga tidak terkecuali harus menyiapkan SDM ahli agar tidak terjadi banyak pengangguran di era revolusi industri keempat

Siapkah Indonesia Menyongsong Era Industri 4.0?
uin-suka.ac.id
UIN sunan kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Era industri 4.0 dimulai tahun 2000.

Era ini ditandai dengan banyaknya tenaga kerja yang digantikan dengan mesin-mesin otomatis.

Maka tenaga kerja  harus dialihkan dari tenaga  terampil ke keahlian teknologi.

Indonesia juga tidak terkecuali harus menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) ahli agar tidak terjadi banyak pengangguran di era revolusi industri keempat ini.

Menyikapi permasalahan ini Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menghadirkan dua orang ahli, yakni Dr Ing Hendro Wicaksono.

Alumni ITB yang studi lanjut di Jerman ini, saat ini  menjadi Dosen dan Peneliti di Institute for Information Management in Engineering Karisruhe Institute of Technology (IIMEKIT) Germany.  

Yang kedua adalah; Budi Saksono, MSc PhD dari Recearch Center for Biotechnology LIPI.

Baca: Badai Tropis Renggut 200 Nyawa di Filipina, Ratusan Orang Hilang

Berdasarkan siaran pers yang diterima Tribun Jogja dari Keduanya dikolaborasikan dalam forum Seminar Nasional bertajuk “Menyongsong Era Industri 4.0 melalui Sinergi akademisi, Industri dan Pemerintah, Sebuah Perspektif dari Jerman dan Biotechnologi Industri 4.0,” bertempat di gedung Prof RHA Soenarjo, Selasa (19/12/17).

Di hadapan ratusan mahasiswa Fakultas sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Hendro memaparkan, era industri 4.0 bisa diartikan sebagai era revolusi industri yang ke 4.

Halaman
1234
Editor: Ari Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved