Pemilu 2019

Kisruh Form A5 di Caturtunggal Sleman, Ini Kata KPU DIY

Kisruh Form A5 di Caturtunggal Sleman, Ini Kata KPU DIY. Kisruh Form A5 di Caturtunggal Sleman, Ini Kata KPU DIY

Kisruh Form A5 di Caturtunggal Sleman, Ini Kata KPU DIY
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Ketua Perencanaan, Data dan Informasi KPU DIY, Wawan Budiyanto saat ditemui wartawan di Kantor Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Rabu (17/4/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sedari pagi banyak warga pemegang form A5 atau yang menjadi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) mendatangi kantor Desa Caturtunggal Kecamatan Depok, Sleman, Rabu (17/4/2019).

Mereka mengeluhkan form A5 yang mereka bawa tak diterima oleh petugas TPS dengan alasan surat suara untuk DPTb sudah habis.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Perencanaan, Data dan Informasi KPU DIY, Wawan Budiyanto menjelaskan permasalahan tersebut lantaran miss informasi yang terjadi antara pihak KPU Sleman dengan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di lokasi.

"Sebenarnya ini telah diskenario oleh KPU Sleman tapi mungkin di lapangan masih ada hal yang belum tersampaikan. Petugas (KPPS) khawatir kalau tidak bisa melayani yang ada di DPT sehingga seolah-olah ada penolakan dari TPS," katanya saat dijumpai wartawan di Kantor Desa Caturtunggal, Rabu (17/4/2019).

Surat Suara Habis, TPS di Caturtunggal Sleman Belum Layani Pemilih Dengan Form A5

Secara regulasi, Wawan menyebut, pemegang Form A5 sejatinya dapat melakukan pencoblosan di TPS yang telah ditunjuk atau jika surat suara habis dapat pindah ke TPS lain dengan catatan masih dalam satu desa/kelurahan (PPS).

"(Selama pegang A5) apabila ketersediaan surat suara di TPS tak mencukupi mereka bisa pindah ke TPS lain," katanya.

"Atau opsi lain, KPU melalui PPK bisa memindahkan surat suara TPS sekitar yang tidak digunakan untuk memenuhi TPS-TPS yang kekurangan surat suara," tambahnya.

Wawan menyebut, informasi ini sejatinya telah disampaikan kepada para pemegang Form A5 saat pengajuan, mereka dianjurkan untuk tetap menunggu di TPS yang ditunjuk hingga surat suara tersedia.

"Ini juga sudah kami sampaikan ke pengakses A5 untuk tetap menunggu di TPS saja, jika memang tercukupi surat suaranya mereka akan tetap bisa menggunakan hak pilih. Kalau tidak bisa ya pindah TPS lain atau kami yang akan menyiapkan surat suara dari TPS lain yang sisa," jelasnya.

BREAKING NEWS : Ditolak Petugas TPS, Puluhan Pemegang Form A5 Geruduk Kantor Desa Caturtunggal

Kendati demikian, pihaknya mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi saat ini. Wawan menyebut semangat menggunakan hak pilih tersebut menyebabkan munculnya kekhawatiran tak dapat menyuarakan hak pilihnya.

"Kita juga sudah berusaha untuk tetap memfasilitasi semua tapi mungkin semangat menggunakan hak pilih ini dan kita tetap berupaya untuk terus memfasilitasi dengan memindahkan surat suara tersebut tapi memang butuh waktu," bebernya.(tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved