Pemilu 2019

Surat Suara Habis, TPS di Caturtunggal Sleman Belum Layani Pemilih Dengan Form A5

Surat Suara Habis, TPS di Caturtunggal Sleman Belum Layani Pemilih Dengan Form A5

Surat Suara Habis, TPS di Caturtunggal Sleman Belum Layani Pemilih Dengan Form A5
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Puluhan warga pemegang Form A5 menggeruduk kantor Desa Caturtunggal, Rabu (17/4/2019). Mereka mengeluhkan ditolaknya pemegang Form A5 dengan alasan surat suara habis. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Puluhan bahkan ratusan warga pemegang Form A5 atau yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) menggeruduk kantor Desa Caturtunggal, Depok, Sleman, Rabu (17/4/2019).

Mereka mengeluhkan form A5 yang mereka bawa tak diterima oleh petugas TPS lantaran surat suara untuk DPTb telah habis.

Menyikapi hal tersebut, salah seorang petugas Pemungutan Suara (PPS) Desa Caturtunggal yang tak menyebutkan namanya menjelaskan surat suara yang ada di TPS di daerahnya memang habis.

Hal ini menyebabkan pemilih yang menggunakan Form A5 tak bisa terlayani.

Ia menyebut minimnya surat suara dikarenakan memang jatah yang dikirimkan oleh KPU Sleman hanya mengacu pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dua persen.

"Surat suara kita utamakan untuk DPT dan yang dua persen itu untuk DPK (Daftar Pemilih Khusus)," katanya kepada TribunJogja.com di Kantor Desa Caturtunggal, Rabu (17/4/2019).

BREAKING NEWS : Ditolak Petugas TPS, Puluhan Pemegang Form A5 Geruduk Kantor Desa Caturtunggal

Kendati memiliki cadangan surat suara sebanyak dua persen, pihaknya mengatakan surat suara itu belum mampu mengakomodir jumlah DPTb yang ada di TPS-TPS yang ada di Desa Caturtunggal.

Sementara itu, menanggapi banyaknya pemegang form A5 yang menggeruduk kantor Desa Caturtunggal, pihaknya menjelaskan tak bisa berbuat banyak lantaran petugas hanya menyelenggarakan pemilihan dan tak memiliki wewenang untuk menyediakan surat suara.

"Kami sudah mengusahakan, kami kirimkan data dan kami laporkan ke KPU sebelumnya tapi surat suara nyatanya memang saat ini kurang," sebutnya.

Ada 5 Surat Suara, Mahfud MD Akui Lebih Repot

Pihaknya menyarankan bagi pemegang Form A5 atau DPTb untuk melaporkan hal tersebut kepada KPU Sleman.

"Silahkan laporkan langsung ke KPU Sleman, kami hanya pelaksana, tidak memiliki wewenang untuk tindak lanjutnya seperti apa," bebernya.

Pihaknya menjelaskan untuk wilayah Desa Caturtunggal saja saat ini daftar DPTb mencapai angka lima ribuan.

Hingga kini, masih banyak warga pemegang Form A5 yang mendatangi Kantor Desa Caturtunggal untuk memperjuangkan hak pilihnya.(tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved