Sleman

Warga Negara Jepang Tercatat dalam DPT di Sleman

Seorang Warga Negara Asing berkewarganegaraan Jepang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Sleman.

Warga Negara Jepang Tercatat dalam DPT di Sleman
internet
Logo Bawaslu 

TRIBUNJOGJA.COM - Seorang Warga Negara Asing berkewarganegaraan Jepang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Sleman.

Berdasarkan hasil verifikasi Bawaslu Sleman, WNA tersebut bernama Yokosuka Tomomi.

Ketua Bawaslu Sleman, M Abdul Karim Mustofa saat dihubungi Tribunjogja.com mengatakan pihaknya telah menelusuri identitas WNA tersebut dan diketahui selama ini tinggal di Berbah.

"Kita konfirmasi dan klarifikasi ke lokasi, yang bersangkutan berkewarganegaraan Jepang, tapi sekarang baru balik di Jepang, kemarin bertemu keluarganya membenarkan," ujarnya pada Tribunjogja.com, Rabu (6/3/2019).

Baca: On Trend: 6 Gaya Mix and Match Koleksi Terbaru Gaudi Clothing

Hingga kini Bawaslu belum mendapatkan penjelasan detil bagaimana WNA itu bisa masuk DPT.

Hal itu dikarenakan saat mendatangi tempat tinggalnya, yang bersangkutan sedang kembali ke Jepang.

"Kenapa bisa masuk DPT, belum masuk ke sana karena saat konfirmasi kemarin di lokasi, orangnya kembali ke Jepang sehingga tidak dapat data lebih kecuali foto keluarga,"  paparnya.

Namun demikian, setelah melakukan konfirmasi di lapangan, Bawaslu langsung menyampaikan rekomendasi ke KPU Sleman untuk diproses sesuai aturan.

Rencananya hal ini juga akan dibahas dalam rapat Pleno Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ke 2 pada tanggal 17 Maret 2019 nanti. 

Baca: Bawaslu DIY Temukan 10 WNA Masuk dalam DPT

"Kami sampaikan rekomendasi ke KPU Sleman, rekomendasi memproses bagaimana instruksi dari KPU RI, bahwa WNA tidak punya hak pilih," jelasnya. 

Lebih lanjut dari pantauan Bawaslu Sleman, hingga hari ini mereka menemukan 32 nama yang terindikasi WNA dan masuk DPT Pemilu 2019.

"Kita indikasikan ada beberapa nama yang terindikasi WNA, ada 32 orang yang masuk DPT. Apakah sudah jadi WNI atau belum, kita baru terjun di lapangan," tambahnya.

Jika semua sudah terverifikasi maka, Bawaslu Sleman akan memberikan surat saran perbaikan kepada KPU Sleman untuk membersihkan atau mencoret nama WNA dari DPT.(*)

Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved