Puluhan Ribu Surat Suara Tak Layak Ditemukan di Kabupaten Magelang

KPU Kabupaten Magelang menemukan sebanyak 25.593 lembar surat suara untuk Pemilihan Anggota DPR RI dan DPD RI pada Pemilu Tahun 2019.

Puluhan Ribu Surat Suara Tak Layak Ditemukan di Kabupaten Magelang
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Puluhan tenaga melalukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu Tahun 2019 di Gudang penyimpanan KPU di Balai Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Kamis (28/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menemukan sebanyak 25.593 lembar surat suara untuk Pemilihan Anggota DPR RI dan DPD RI pada Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Magelang yang tidak layak.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Afifuddin, mengatakan, surat suara tak layak itu ditemukan pada proses sortir lipat yang dilakukan sejak Senin (25/2) hingga Kamis (28/2). Saat ini proses sortir lipat itu pun masih terus berlangsung.

Hasilnya, ada sebanyak 16.619 lembar surat suara tidak layak atau rusak untuk Pemilihan Anggota DPD RI di GOR Gemilang, Kabupaten Magelang. Sementara itu di Gudang Deyangan ditemukan 8.974 lembar yang tak layak untuk pemilihan anggota DPR RI.

Baca: Debat Ketiga Pilpres 2019 - Menanti Kejutan Ma’ruf Amin dan Warning untuk Sandiaga

Baca: Prabowo Subianto Minta Maaf dan Ngaku Malu kepada Seniornya Ini, Pernah Tak Mendukung Saat Pilkada

"Kami temukan sekitar delapan ribu lembar surat suara yang tak layak untuk Pemilihan Anggota DPR RI di Gudang Deyangan, dan 16 ribu di GOR Gemilang untuk pemilihan DPD RI. Hasil ini baru sementara karena sortir lipat masih berlangsung," kata Afifuddin, Kamis (28/2) saat memantau sortir lipat di Gudang Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang.

Afifuddin mengatakan, surat suara itu tak layak diduga karena cacat dalam proses pencetakan surat suara.

Kecacatan ini berupa bercak ataupun titik tinta pada gambar peserta pemilu, gambar cetakan surat suara yang kabur ataupun kotor.

"Ada banyak yang tidak layak. Ada yang rusak juga ada, sobek, tapi tak seberapa. Surat suara tak layak ini karena bercak-bercak kotor, titik tinta pada gambar peserta pemilu. Kalau ada bercak, sedikit. Kotor, ada yang kena bercak dan kabur. Ini baru karena pemilu sebelumnya tak pernah seperti itu. Mungkin dari percetakan," katanya.(tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved