Jawa

Bawaslu Pergoki Oknum Kadus dan Perangkat Desa di Magelang Ikut Kampanye Caleg

Oknum kadus dan perangkat desa tersebut diduga terlibat aktif dalam kampanye sebuah parpol yang diadakan di lingkungannya.

Bawaslu Pergoki Oknum Kadus dan Perangkat Desa di Magelang Ikut Kampanye Caleg
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magelang tengah memeriksa oknum kepala dusun dan perangkat desa di Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang yang tidak netral karena terlibat kampanye caleg di Kantor Bawaslu Kabupaten Magelang, Kamis (7/2/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Magelang memanggil seorang oknum kepala dusun dan perangkat desa di Kecamatan Secang yang tidak netral dengan terlibat dalam kegiatan kampanye sebuah partai politik beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Magelang.

Oknum kadus tersebut berinisial IN dan perangkat desa berinisial HW.

Mereka diduga melanggar Pasal 494 juncto 280 ayat 3 UU 7 tahun 2017, padahal sesuai aturan, sudah ditegaskan dengan jelas bahwa kades, kadus dan perangkat desa tidak boleh terlibat kampanye.

"Kami panggil IN pada Jumat 1 Februari 2019 untuk dimntai klarifikasi. Namun IN dan HW ternyata tidak hadir sehingga dipanggil ulang pada Senin 4 Februari 2019. Kami periksa terkait keterlibatan mereka dalam kampanye salah satu caleg pada akhir Januari 2019 lalu di kecamatan Secang," ujar Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Magelang, Fauzan Rofiqun pada Tribunjogja.com, Kamis (7/2/2019).

Keikutsertaan mereka dalam kampanye tersebut berdasarkan dari temuan Panwascam Secang.

Oknum kadus dan perangkat desa tersebut diduga terlibat aktif dalam kampanye sebuah parpol yang diadakan di lingkungannya.

"Saat itu satu si antara caleg sebuah partai mengadakan kampanye berupa senam bersama dalam pasar pagi di Dusun Sendangsari, Desa Madyocondro, Kecamatan Secang, dan oknum kadus dan perangkat desa tersebut terlihat ikut dalam kegiatan tersebut," ujar Fauzan.

Pada saat kampanye tersebut, kadus IN tampil sebagai MC dan turut serta meramaikan suasana kampanye.

IN bahkan sempat membagikan selembar uang Rp 50.000 kepada peserta senam.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved