Kota Yogya

PKL Berharap Dilibatkan Dalam Penataan Semipedestrian Malioboro

Pedagang Kaki Lima Berharap Dilibatkan Dalam Penataan Semipedestrian Malioboro

PKL Berharap Dilibatkan Dalam Penataan Semipedestrian Malioboro
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
KAWASAN PEDESTRIAN. Warga menaiki sepeda saat melintas di kawasan Pedestrian jalan Malioboro, kota Yogyakarta, Senin (5/11/2018). Direncanakan akan dilaksanakan ujicoba pelaksaaan jalan Malioboro menjadi kawasan pedestrian secara penuh hanya bus Transjogja dan kendaraan tak bermotor yang boleh melintas. 

TRIBUNJOGJA.COM - Para pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang jalan Malioboro mengaku khawatir dengan program pedestrian yang akan diterapkan oleh pemerintah di kawasan tersebut.

Mereka berharap dengan adanya konsep pedestrian dan pengalihan arus lalu lintas di sirip-sirip Malioboro tetap membawa dampak positif bagi perekonomian mereka.

Bambang Suranto, salah satu penjual mie ayam dan bakso di kawasan Jalan Malioboro merasakan dampak penataan tersebut.

Menurutnya, pada saat Malioboro belum ditata dengan konsep semi pedestrian banyak pengunjung yang datang ke warungnya.

Baca: Kasus Kecelakaan Wahana Bianglala di Pasar Malam Sekaten Yogyakarta, Polisi Panggil Pengelola

“Dulu, saat parkir di Malioboro bisa di pinggir jalan ramai pembeli. Tapi, begitu ditata pengunjung berkurang, kekhawatiran itu pasti ada apalagi arus lalu lintas berubah,” ujarnya kepada Tribun Jogja, Senin (12/11/2018).

Meski demikian, Bambang yang sudah 20 tahun berjualan di kawasan tersebut tak bisa berbuat banyak dengan program dari pemerintah daerah tersebut. Dia tetap mendukung langkah yang dilakukan pemerintah dan siap ditata.

Para pedagang menurut Bambang juga berharap dilibatkan dalam penataan karena terkadang pemerintah tak mengakomodir kepentingan mereka.

“Saya dan kawan-kawan siap ditata namun harapan kami tetap bisa mencari nafkah di sini (Malioboro),” jelasnya. (tribunjogja)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved