KPU DIY

KPU DIY Umumkan 11 Nama DCT Anggota DPD RI dapil DIY

KPU DIY telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Anggota DPD RI dapil DIY dan DPRD DIY

KPU DIY Umumkan 11 Nama DCT Anggota DPD RI dapil DIY
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Dr Guno Tri Tjahjoko 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - KPU DIY telah mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Anggota DPD RI dapil DIY dan DPRD DIY melalui media cetak, online maupun elektronik pada 21-24 September 2018.

Berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017, KPU diberi kewenangan untuk memvalidasi DCT dan menetapkan DCT yang diumunkan selama 4 hari serentak secara nasional baik tingkatan presiden wakil presiden, DPR, DPD, DPRD Propinsi dan Kota serentak secara nasional di 34 propinsi dan 514 kabupaten dan kota.

Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Dr Guno Tri Tjahjoko menyamapaikan, pengumuman DCT Anggota DPD RI dapil DIY dan DPRD DIY selain ditayangkan di media masa, juga ditayangkan di laman KPU DIY diy.kpu.go.id

Sebelum ditetapkan DCT pada Kamis (20/9/2018), KPU DIY selama satu minggu memvalidasi Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah diumumkan.

DAFTAR CALON TETAP PERSEORANGAN PESERTA PEMILIHAN UMUM ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN DAERAH TAHUN 2019 DAERAH PEMILIHAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

"Setelah diumumkan (DCS -red) 10 hari kita minta tanggapan masyarakat, apakah calonnya bersih, apakah ijazahnya palsu, sehingga calon itu bisa diganti," kata Guno dalam acara yang disiarkan Tribun Jogja pada Jumat (20/9/2018).

Setelah diumumkan DCS, KPU DIY memvalidasi calon-calon tersebut, Guno menambahkan, secara internal panitia di KPU DIY melihat data-data dan menunggu persyaratan calon yang belum lengkap.

"Maka kami mengumpulkan partai politik dan DPD untuk melihat kembali rancangan draft DCT Anggota DPD RI dapil DIY dan DPRD DIY untuk mereka cek nomor, jenis kelamin, tempat tinggal, supaya tiidam salah diterbitkan," lanjut dia.

Ia melanjutkan, tujuan diumunkan DCT selama tiga hari di berbagai media, supaya masyarakat mengenal calonnya di daerah pemilihannya, karena menurut dia selama ini masyarakat belum tahu siapa calonnya.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved