PT KAI Genjot Pengoperasian KA Barang

Pengiriman semen Bima ke Klari ini merupakan bagian distribusi untuk wilayah Jawa Barat bagian utara dan DKI Jakarta.

PT KAI Genjot Pengoperasian KA Barang
Dok PT KAI Daop 5 Purwokerto
PT STAR (Sinar Tambang Artha Lestari) produsen semen Bima di Ajibarang, Banyumas menggandeng PT KAI Daop 5 Purwokerto untuk mengangkut semen produksinya. Launching angkutan semen Bima tujuan Klari menggunakan kereta api ditandai dengan pemberangkatan KA angkutan semen perdana dari stasiun Kretek, Kabupaten Brebes, Senin (2/11/2015) secara simbolis oleh Direksi PT STAR, Daniel Tedja. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, BREBES - PT Kereta Api Indonesia terus menambah pengoperasian Kereta Api (KA) barang. Kepadatan jalan raya membuat para produsen komoditas misalnya semen dan pupuk mulai melirik KA sebagai angkutan dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi.

Satu contohnya adalah PT STAR (Sinar Tambang Artha Lestari) produsen semen Bima di Ajibarang, Banyumas yang menggandeng PT KAI Daop 5 Purwokerto untuk mengangkut semen produksinya ke stasiun Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Pengiriman semen Bima ke Klari ini merupakan bagian distribusi untuk wilayah Jawa Barat bagian utara dan DKI Jakarta.

Launching angkutan semen Bima tujuan Klari menggunakan kereta api ditandai dengan pemberangkatan KA angkutan semen perdana dari stasiun Kretek, Kabupaten Brebes, Senin (2/11/2015) secara simbolis oleh Direksi PT STAR, Daniel Tedja.

Dalam trip perdana ini, sebanyak 16.000 sak semen seberat 800 ton dikirimkan menggunakan KA dengan rangkaian 20 gerbong datar (GD) dari stasiun Kretek menuju stasiun Klari.

Pemberangkatan KA perdana angkutan semen Bima tersebut didahului dengan prosesi penyiraman air kendi ke lokomotif oleh Dirut PT Semen Star, Aang Hidjaja; Dirut PT KA Logistic, Budi Noviantoro; dan Direktur Komersial PT KAI, Candra Purnama.

Corporate Communication Manager PT KAI Daop 5 Purwokerto, Surono mengungkapkan, untuk tahap awal direncanakan angkutan semen Bima ke Klari akan diberangkatkan setiap dua hari sekali.

Selanjutnya ke depan akan terus ditingkatkan kapasitas dan frekuensinya seiring peningkatan kapasitas produksi di pabrik Ajibarang.

"Angkutan semen Bima menggunakan kereta api ini ditangani oleh PT KA Logistic yang merupakan anak perusahaan dari PT KAI. Jadi untuk loading dan unloading serta trucking dari pabrik di Ajibarang ke stasiun Kretek ditangani PT KA Logistic, sementara angkutan KA nya tetap ditangani oleh PT KAI," kata Surono dalam keterangannya.

Halaman
12
Penulis: toa
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved