Cara Tetap Sehat Menjaga Kandungan Ibu Hamil yang Berusia 35 Tahun ke Atas

Belakangan ramai soal rekomendasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tentangusia ideal wanita untuk hamil yakni 20-35 tahun.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
Tribun Jakarta
Ilustrasi Hamil 

TRIBUNJOGJA.COM - Belakangan ramai soal rekomendasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tentangusia ideal wanita untuk hamil yakni 20-35 tahun.

Dilansir dari Kompas.com hamil di usia 35 tahun ke atas berisiko tinggi, tetapi bukan berarti tidak ada cara untuk menurunkan risikonya. Mengutip Obgyn Westside, berikut cara menjaga kesehatan kehamilan di usia 35 tahun ke atas untuk menurunkan risikonya:

Utamakan makan makanan bergizi

Saat Anda makan untuk dua orang, bukan berarti asupan kalori Anda harus berlipat ganda. Makanlah secukupnya hingga merasa cukup kenyang.

Dalam makanan Anda, sertakan berbagai makanan bergizi, terutama makanan yang kaya asam folat, kalsium, zat besi, dan protein. Contoh makanan bergizi adalah bayam, kacang-kacangan, lentil, dan biji bunga matahari, Semua makanan ini tinggi folat. 

Menghindari rokok, alkohol, dan kafein

Menghindari rokok, alkohol, dan kafein adalah cara menjaga kesehatan kehamilan di usia 35 tahun ke atas yang sangat penting untuk keselamatan ibu hamil dan bayi dalam kandungan.

Rokok, alkohol, dan kafein mengandung senyawa adiktif yang negatif untuk kehamilan.

Jika saat hamil Anda masih merokok atau adiktif terhadap rokok, alkohol, dan kafein, dokter bisa memberikan panduan Anda untuk berhenti.

Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan di usia 35 tahun ke atas, seperti preeklampsia dan diabetes gestasional.

Durasi tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7-9 jam setiap malam.

Khusus ibu hamil, kebutuhan durasi tidur setiap hari bisa lebih banyak sesuai kondisi fisiknya dan dianjurkan kebutuhan tersebut dipenuhi.

Baca juga: Chelsea dan Manchester City Bersaing Dapatkan Josko Gvardiol

Minum vitamin prenatal secara teratur

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved