Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Polda DIY Bakal Merekayasa Lalu Lintas Saat Acara Pernikahan Kaesang dengan Erina Berlangsung

Rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi akad nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono telah disiapkan kepolisian.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Rekayasa lalu lintas disekitaran lokasi akad nikah putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gundono telah disiapkan kepolisian.

Akad nikah itu direncanakan bakal dilaksanakan pada Desember 2022 mendatang.

Kendati telah menyiapkan segala pengamanan, Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto masih enggan menyebut tempat pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut. 

Jika mengacu pada surat permohonan numpang nikah yang diajukan ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok, lokasinya berada di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, dan digelar tanggal 10 Desember 2022.

Baca juga: Okupansi Hotel Meningkat Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina, Royal Ambarrukmo Belum Bisa Pastikan

"Persiapan, salah satunya yang kami antisipasi adalah masalah kepadatan arus lalu lintas. Saat ini kami sama-sama paham bahwa di area situ pada jam-jam tertentu atau hampir sepanjang jam kan arus lalu lintas padat," kata Yuli di Mapolda DIY, Kamis (24/11/2022).

Yuli menambahkan, saat ini jajarannya tengah menyusun beberapa skenario rekayasa lalu lintas untuk diberlakukan saat pelaksanaan pernikahan Kaesang dengan Erina.

"Nanti pada saat hari H, rekayasa mana, beberapa plan, beberapa cara bertindak sudah kita siapkan. Tinggal nanti dipraktikan menurut situasi yang berkembang saat hari H," jelasnya.

Kemudian, pengamanan di lokasi juga tetap mengacu pada standar operasional prosedur Polri. 

Sementara untuk jumlah personel yang dikerahkan menurut Yuli tergantung dari potensi kerawanan dan ketersediaan jumlah anggota.

"Kan itu melihat situasi pada saat menjelang hari H, jam J. Sekarang kita belum memastikan bahwa hotel A, hotel B, dipasang sekian orang. Karena daftar siapa saja yang akan di hotel kan kita belum tahu," ujarnya.

Yuli tidak bisa menyebutkan jumlah kekuatan kepolisian dalam pengamanan acara pernikahan putra presiden.

Lantaran menurutnya ini adalah bagian dari strategi Polri demi mengantisipasi segala potensi ancaman.

Baca juga: Para Pejabat Terpantau Reservasi di Hyatt Regency Yogyakarta, Hadiri Pernikahan Kaesang dan Erina? 

Secara prinsip, lanjutnya, Polda DIY siap mengamankan keberlansungan acara sesuai dengan wewenang yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Termasuk salah satunya keluarga Presiden Joko Widodo.

"Kami menggunakan kekuatan yang cukup, tidak kurang," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, KUA Kecamatan Depok pada Senin (21/11/2022) yang lalu menginformasikan telah menerima surat permohonan numpang nikah Erina dan Kaesang tertanggal Jumat (18/11/2022) sebelumnya.

Kendati demikian, kedua calon mempelai per Senin kemarin belum juga mendaftarkan pernikahan mereka.

Sebagaimana tertera di surat permohonan numpang nikah itu, lokasi akad nikah mengambil tempat di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12) pukul 13.00 WIB. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved