Pilpres 2024

Pilpres 2024: Deklarasi Capres Cawapres Koalisi PKB Gerindra Seusai Sekber Resmi, Tunggu Partai Lain

agenda koalisi PKB-Gerindra: Deklarasi Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024 sudah masuk dalam agenda koalisi PKB-Gerindra

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Via Kompas.com
Agenda koalidi PKB Gerindra Menuju Pilpres 2024 - Foto dok ilustrasi: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) memberi salam kepada media usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM - Deklarasi Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024 sudah masuk dalam agenda koalisi PKB-Gerindra . Namun sebelum deklarasi Capres-Cawapres itu, kedua pihak akan lebih dulu membuat Sekretariat Bersama (Sekber) dari tingkat pusat hingga kecamatan di daerah-

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Istimewa)

Agenda tersebut menyusul penandatanganan pakta kerja sama politik untuk kemenangan Pilpres 2024 beberapa waktu lalu oleh Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Perihal agenda koalisi PKB-Gerindra tersebut diungkapkan oleh Muhaimin Iskandar ketika menjawab pertanyaan wartawan usai meresmikan gedung baru Kantor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Provinsi Banten di Kota Serang, Senin (17/10/2022).

"Kita akan mulai dengan peresmian Sekber PKB-Gerindra dalam waktu dekat di Menteng, Jakarta Pusat," kata Muhaimin Iskandar dalam keterangannya, Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com.

Baca juga: Moment Anies Baswedan Satu Meja Bundar bersama SBY, JK, Surya Paloh, Disebut Ada Pembahasan Politik

Cak Imin menyatakan peresmian sekber oleh koalisi PKB-Gerindra dimaksudkan dengan tujuan sebagai langkah awal pemenangan menghadapi Pilpres 2024.

Tunggu partai lain gabung

Peresmian sekber akan dilakukan walau kedua partai belum mendeklarasikan pasangan Capres-Cawapres untuk maju Pilpres 2024.

Ia menegaskan, deklarasi Capres-Cawapres baru akan dilakukan setelah komunikasi koalisi PKB-Gerindra dengan partai lain berakhir.

"Kita terus berkomunikasi dengan partai-partai lain, makanya kita belum putuskan cepat (capres-cawapres)," katanya.

"Kita masih menunggu partai-partai lain untuk bergabung dengan Koalisi PKB dan Gerindra," ujar Cak Imin lagi.

Bahas Cawapres

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyapa ribuan kader dalam Rapimnas Gerindra tahun 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022).
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyapa ribuan kader dalam Rapimnas Gerindra tahun 2022 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). (Dokumentasi Gerindra)

Baca juga: Pilpres 2024: Mengapa Nasdem Tak Usung Ganjar Pranowo, Ini Sikap Partai saat Pilih Deklarasi Anies

Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebelumnya telah menandatangani pakta kerja sama politik untuk kemenangan Pilpres 2024.

Salah satu poin kerjasama yang disepakati, disebutkan bahwa soal capres dan cawapres dari koalisi ini akan dibicarakan berdua antara Muhaimin Iskandar dengan Prabowo.

Adapun rencana dibentuknya Sekber koalisi PKB-Gerindra juga sudah diungkapkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved