Pilpres 2024

Pilpres 2024: Mengapa Nasdem Tak Usung Ganjar Pranowo, Ini Sikap Partai saat Pilih Deklarasi Anies

Mengapa bukan Ganjar Pranowo? Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim memberikan penjelasan seputar keputusan itu

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.com/ADHYASTA DIRGANTARA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam pengumuman deklarasi Capres 2024 di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Partai Nasdem mengambil sikap untuk pilih mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024.

Mengapa bukan Ganjar Pranowo? Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim memberikan penjelasan seputar keputusan itu secara panjang lebar.

Gubernur Jawa Tengah itu semula juga masuk dalam daftar kandidat Capres 2024, bersama Anies Baswedan dan Panglima TNI Andika Perkasa, yang diusulkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem pertengahan Juni.

Namun Partai Nasdem akhirnya memilih untuk mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024 nanti. 

Baca juga: Lagi, Kader Mundur pascadeklarasi Nasdem Usung Anies Baswedan, Pengamat: Ada Potensi Konflik

Mengapa tak pilih Ganjar?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membacakan pesan damai dari Indonesia untuk dunia dalam penutupan Minnonite World Conference (MWC) ke-17 di Holy Stadium, Minggu (10/7/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membacakan pesan damai dari Indonesia untuk dunia dalam penutupan Minnonite World Conference (MWC) ke-17 di Holy Stadium, Minggu (10/7/2022). (istimewa)

Wasekjen Partai Nasdem Hermawi Taslim mengungkapkan alasan mengapa Ganjar Pranowo tidak terpilih sebagai calon presiden yang diusung oleh Nasdem.

Hermawi Taslim mengatakan sikap Ganjar Pranowo setelah namanya masuk ke dalam bursa bakal capres yang hendak diusung Nasdem, hingga waktu itu belum atau tidak jelas.

“Bukan tidak ada balasan (dari Ganjar), tidak ada kejelasan kapan (memutuskan). (Padahal Partai Nasdem) harus kejar deadline biar jelas,” ucap Hermawi pada wartawan, Rabu (5/10/2022), Tribun Jogja mengutip laporan kompas.com.

Menurut Hermawi, karena tidak jelas, Partai Nasdem tak bisa menunggu sikap politik Ganjar.

Oleh karena Nasdem merasa sudah harus mengejar waktu, Partai Nasdem akhirnya memilih untuk mengambil sikap, yaitu mengusung Anies Baswedan dan mendeklarasikannya sebagai bakal Capres 2024.

“Karena kita berkejaran dengan waktu, kita sangsi apakah beliau (Ganjar) punya sikap yang teguh. Kan sebenarnya tinggal dijawab diplomatis saja, itu sebenarnya memuaskan kita tapi tidak ada jawaban sama sekali,” paparnya.

“Sekarang kita melangkah ke depan, kita sudah punya capres, kita harapkan dalam waktu dekat partai koalisi kita mengikuti jejak kita,” tuturnya.

Peluang Ganjar jadi cawapres Nasdem

Meski Nasdem akhirnya memilih Anies Baswedan, bukan Ganjar Pranowo, Wasekjen Partai Nasdem mengatakan bahwa masih terbuka peluang untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah itu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved