Berita Sleman Hari Ini

Polres Sleman Kini Resmi Dikukuhkan Jadi Polresta 

Kepolisian Resor (Polres) Sleman kini naik tipe setelah resmi dikukuhkan menjadi Polresta. Sebelumnya, markas Kepolisian yang berada di Jalan Magelang

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Dokumentasi Polresta Sleman
Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar bersama Forkompimda Sleman saat prosesi pengukuhan peningkatan tipe Polres menjadi Polresta Sleman, di Mapolresta Sleman, Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kepolisian Resor (Polres) Sleman kini naik tipe setelah resmi dikukuhkan menjadi Polresta.

Sebelumnya, markas Kepolisian yang berada di Jalan Magelang ini bertipe D, sekarang menjadi tipe C.

Kenaikan tipologi ini, berdasarkan surat verifikasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), serta dikuatkan dengan Keputusan Kapolri tertanggal 30 Agustus 2022. 

Kabag Ren Polres Sleman, Komisaris Polisi Bonifatius Slamet S.Pd mengungkapkan, ada sejumlah perbedaan setelah Polres resmi dikukuhkan menjadi Polresta.

Baca juga: Kuliner Jogja: Inilah Rekomendasi 4 Tempat Makan Sop Iga Enak dan Jumbo di Yogyakarta

Antara lain, pejabat struktural, jumlah personel, peralatan dan tentunya akan berimbas terhadap pelayanan di masyarakat.

Ia merinci, untuk jabatan Kapolres di tipe D dipegang oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), setelah ditingkatkan menjadi tipe C, maka dijabat Komisaris Besar (Kombes).

Hal ini juga berdampak pada jabatan Waka Polres yang sebelumnya berpangkat Kompol berganti menjadi AKBP.

Lalu Kasat yang sebelumnya AKP berganti dijabat Kompol. 

"Jumlah personel juga bertambah. Kalau Polres tipe D personelnya sekitar 1. 700-an sekian. Sekarang jadi Polresta, jadi 2.000-an personel," kata dia, Rabu (28/9/2022). 

Boni mengatakan, tugas jabatan Kapolres dan Waka Polres sementara ini masih dipegang pejabat lama sembari menunggu pejabat berpangkat Kombes dan AKBP dari Mabes Polri.

Adapun untuk pejabat dengan pangkat Kompol nantinya akan ditentukan dari mutasi Polda DIY.

Ia mengistilahkan, sementara ini masih menyiapkan wadahnya terlebih dahulu sebelum pada akhirnya pejabatnya juga akan disesuaikan.

Kini, Polres Sleman telah resmi dikukuhkan menjadi Polresta. Di samping jumlah personel lebih banyak juga berdampak pada bertambahnya peralatan yang dimiliki.

Misalnya, kendaraan kelengkapan pendukung anggota akan berjumlah lebih banyak. Selanjutnya, dari segi pelayanan kepada masyarakat juga bertambah lebih luas. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved