Advetorial

Pelaksanaan Wisuda Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) Kembali Digelar Secara Luring 

Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar wisuda tahun akademik 2021/2022 periode II di Ballroom Indraprasta Sahid Jaya Yogyakarta Hotel

TRIBUNJOGJA.COM/Neti Istimewa Rukmana
Penyerahan cendera mata dari Rektor Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, Dr. Ir. H. Ircham, M.T, kepada peraih predikat Cumlaude tertinggi wisuda tahun akademik 2021/2022 periode II, Gabriela Efra Deyuni, di Ballroom Indraprasta Sahid Jaya Yogyakarta Hotel & Convention, Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) menggelar wisuda tahun akademik 2021/2022 periode II di Ballroom Indraprasta Sahid Jaya Yogyakarta Hotel & Convention, Rabu (28/9/2022).

Dalam pelaksanaannya, sebanyak 359 mahasiswa dari jenjang sarjana strata (S1) dan Diploma III tekah dinyatakan lulus secara resmi. 

Lulusan S1 dari ITNY terdiri atas 64 orang program studi (Prodi) Teknik Sipil, 63 orang Prodi Perencanaan Wilayah Kota, 27 orang Prodi Teknik Mesin, 15 orang Prodi Teknik Elektro, 61 orang Prodi Teknik Geologi,dan 92 orang Prodi Teknik Pertambagan.

Sedangkan, lulusan Diploma III ITNY terdiri atas 22 orang Prodi Teknik Mesin dan 15 orang Prodi Teknik ELektronika.

Rektor ITNY, Dr. Ir. H. Ircham, M.T, mengatakan, di Indonesia, orang yang baru mengenyam pendidikan tinggi masih berada di angka 31,5 persen. 

"Oleh karena itu, anak-anak ku punya kewajiban moral untuk membangun negeri dan menyebarkan ilmu yang didapat di bangku kuliah ini," ucap Dr. Ircham, saat memberikan sambutan wisuda ITNY tahun akademik 2021/2022 periode II, Rabu (28/9/2022). 

Baca juga: Kolumnis Politik Timur Fomenko Analisis Kabar Bohong Kudeta Xi Jinping

Ia pun bersyukur, karena pelaksanaan wisuda tersebut dapat berjalan luring setelah dua tahun yang lalu ITNY menggelar wisuda secara daring dikarenakan adanya pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Dr. Ircham berharap, para lulusan ITNY tersebut menjadi orang yang pintar memanfaatkan ilmu dari hasil mengenyam pendidikan di ITNY, tangguh menjawab tantangan zaman, menyejahterakan dan memajukan Indonesia saat menyosong tahun emas atau satu abad kemerdekaan RI pada 2045.

Namun, ada satu harapan besar dari Rektor ITNY kepada para wisudawan ITNY tahun akademik 2021/2022 periode II. Di mana para lulusan baru tersebut diharapkan menjadi salah satu pemecah problem Indonesia dan menjadi kebanggan ITNY dalam memajukan Indonesia.

"Sekarang kita sudah memasuki era revolusi industri empat bahkan lima. Semua serba digital, IOT, big data dan sebagainya semuanya berkembang dengan cepat. Karena itu, pesan saya, anak-anakku sekalian supaya terus belajar. Supaya tidak ketinggalan. Karena sesuatunya berubah dengan cepat," tutur Dr. Ircham.

Selama masa pendidikan berlangsung, lulusan tersebut telah diberikan edukasi melalu soft skill dan hard skill, walau terbatas. 

Maka dari itu, ITNY selalu meng-upgrade skill dosen-dosen ITNY melalui pendidikan doktor strata atau tier-3 di dalam maupun di Luar Negeri.

"Mudah-mudahan segera kembali untuk memperkuat SDM kami yang kemudian akan kami tularkan kepada anak-anak kami, supaya bisa menjawab tantangan zaman dalam memajukan Indonesia," imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, pihaknya turut melengkapi sarana dan prasarana melalui pembangunan laboratorium lima lantai, untuk memperluas laboratorium pertambangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved