Advetorial

Sebanyak 29 PPKS di BPRSW DIY Dapat Sertifikasi Keterampilan

Sebanyak 29 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) DIY mendapat sertifikasi

TRIBUNJOGJA.COM/ Christi Mahatma Wardhani
Sebanyak 29 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) DIY mendapat sertifikasi keterampilan, Rabu (21/09/2022) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 29 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) DIY mendapat sertifikasi keterampilan. 

Kepala BPRSW DIY, Widiyanto mengatakan 29 PPKS mengikuti sertifikasi tiga keterampilan, yaitu olah pangan, menjahit, dan tata rias dan salon.

Dalam sertifikasi tersebut pihaknya menggandeng Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) terkait. 

Baca juga: Marak Dugaan Kasus Pungli, Disdikpora DIY Susun Regulasi Pendanaan Sekolah

"Sertifikasi ini sudah dilaksanakan sejak 23 Agustus lalu. Sebanyak 10 orang mengikuti sertifikasi olahan pangan, 10 orang mengikuti jahit, dan 9 lainnya mengikuti tata rias dan salon," katanya, Rabu (21/09/2022). 

Ia menerangkan PPKS yang dibina oleh BPRSW DIY merupakan wanita yang dalam kondisi rawan sosial ekonomi seperti korban tindak kekerasan baik fisik maupun psikis, korban perdagangan manusia, wanita tuna susila, dan pekerja migran bermasalah sosial. 

Sertifikasi merupakan tahapan terakhir dari seluruh proses rangkaian rehabilitasi yang telah dilakukan. 

"Proses rehabilitasi awal adalah skiring, setelah mengetahui kondisi PPKS, kami melakukan serangkaian rehabilitasi bersama dengan pekerja sosial, konselor, psikolog, dan lainnya. Sertifikasi ini adalah tahapan terakhir, sehingga PPKS ini bisa kembali ke masyarakat dan memulai hidup baru," terangnya. 

Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih mengungkapkan total ada 50 PPKS yang direhabilitasi di BPRSW DIY.

Saat ini masih ada 21 PPKS yang masih berjuang sebelum akhirnya kembali ke keluarga dan masyarakat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved