Berita Jogja Hari Ini

Marak Dugaan Kasus Pungli, Disdikpora DIY Susun Regulasi Pendanaan Sekolah

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY tengah merampungkan proses penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) DIY yang mengatur soal

TRIBUNJOGJA.COM/ Miftahul Huda
Kadisdikpora DIY Didik Wardaya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY tengah merampungkan proses penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) DIY yang mengatur soal pendanaan sekolah tingkat SMA/SMK di DI Yogyakarta.

Regulasi tersebut mengatur peran serta masyarakat dalam pembiayaan pendidikan dan digadang-gadang dapat mengantisipasi praktik pungutan liar.

"Kalau sumbangan saya kira semua boleh menerima sumbangan tapi dengan catatan. Yang jadi masalah adalah besarannya. Kalau yang namanya pungutan juga harus ada regulasi besarannya berapa," papar Kadisdikpora DIY, Didik Wardaya, Rabu (21/09/2022).

Baca juga: INSPIRATIF, Menengok Pengolahan Sampah Organik Lewat Budidaya Maggot di Tegalrejo Kota Yogyakarta

Peraturan itu dirancang berdasarkan hasil kajian dan survei terkait biaya operasional pendidikan di masing-masing jenjang, baik SMA maupun SMK.

Sebab kebutuhan operasional pendidikan di setiap Jurusan di SMK berbeda satu dengan lainnya.

Dengan penghitungan yang didasarkan pada pemenuhan kebutuhan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta BOS Daerah, maka selisih biaya bisa ditemukan.

"Dari hitungan tersebut, maka kita bisa atur (besaran) sumbangan yang bisa diberlakukan di tingkat sekolah," jelasnya.

Lebih lanjut, Didik mengatakan, satuan pendidikan di tingkat SMA/SMK boleh menerapkan sumbangan sesuai dengan PP 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Baca juga: Temuan Kerangka Terkubur Posisi Duduk di Godean, Polisi: Sudah Ada 2 Warga Kehilangan Keluarga

Namun besaran sumbangan tidak bisa diperlakukan seenaknya.

"Tapi yang jadi masalah adalah besarannya. Kalau yang namanya pungutan juga harus ada regulasi besarannya berapa dan lain-lain, itu kita belum ada," jelasnya. (tro)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved