Berita Sleman Hari Ini

Pemkab Sleman Kolaborasi dengan HIPPI DPC Sleman untuk Majukan UMKM

"Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari masyarakat," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada acara Bincang-bincang Santai Pelaku

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Bincang-bincang Santai Pelaku UMKM Sleman Kolaborasi Forkom dan HIPPI DPC Sleman Menuju UMKM Sleman Unggul dan Berdaya, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (17/9/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemkab Sleman mengajak HIPPI (Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) DPC Sleman untuk berkolaborasi memajukan UMKM di wilayahnya.

"Pemerintah tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari masyarakat," kata Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo pada acara Bincang-bincang Santai Pelaku UMKM Sleman Kolaborasi  Forkom dan HIPPI DPC Sleman Menuju  UMKM Sleman Unggul dan Berdaya, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Sabtu (17/9/2022).

Acara ini diikuti sekitar 100 perta anggota HIPPI DPC Sleman dan Forkom se Kabupaten Sleman.

Baca juga: AC MILAN 1-2 Napoli: Bisa Apa Rossoneri Tanpa Rafael Leao?

Pada kesempatan ini Kustini mengatakan apabila UMKM dan pemerintah berkolaborasi bisa maju dan naik tingkat dalam bidang apapun.

Sehingga pengusaha bisa tampil percaya diri dan bisa menggerakkan perekonomian di Pemkab Sleman.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman R Haris Martapa SE MT yang mengatakan Dinas Koperasi dan UMKM membuka ruang bagi DPC HIPPI Sleman bisa berkolaborasi dalam memfasilitasi anggotanya.

Misalnya memberikan pelayanan konsultasi bagi UMKM, memberikan pelatihan dan lain-lain.

Selama ini Dinas Koperasi dan UMKM Sleman juga sudah bekerjasama dengan UGM untuk.memberikan pelatihan bagi UMKM di Kabupaten Sleman.

Di Pemkab Sleman ada PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu), tetapi baru ada lima konsultan profesional.

Sehingga sampai saat ini UMKM yang bisa diberikan pelayananan oleh PLUT Sleman baru sekitar 15 persen.

Setiap tahun PLUT Sleman baru bisa memfasilitasi 2.000-3.000 UMKM.

Padahal jumlah UMKM di Sleman terus meningkat.

Sebagai informasi, sebelum pandemi Covid-19 jumlah UMKM di Sleman sekitar 60.000 UMKM, selama Pandemi Covid-19 meningkat menjadi 95 ribu UMKM dan sekarang sudah sekitar 135 ribu UMKM.

"Harapannya HIPPI juga membentuk PLUT sehingga bisa lebih banyak masyarakat UMKM di Sleman yang bisa terfasilitasi," ungkapnya.

Baca juga: Rencana Besar Jokowi-Prabowo Melindungi Indonesia Timur

Ketua Umum HIPPI DPC Sleman Atik Sri Purwantiningsih SE MAcc Ak CA menyambut baik ajakan kerjasama ini.

Bahkan ia mengungkapkan HIPPI DPC Sleman mengajak akan berkolaborasi dengan Forkom UMKM se Kabupaten Sleman untuk memajukan UMKM di Sleman.

"Karena itu dalam.acara ini juga diundang Forkom se Kabupaten Sleman.Mungkin nanti HIPPI DPC Sleman bisa berkolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Sleman, dan Forkom Sleman untuk menyelenggarakan pameran.
Atik mengungkapkan HIPPI Sleman mempunyai moto “Maju Bersama, Sejahtera Bersama”. Kalau kolaborasi antara HIPPI DPC Sleman dengan Pemda Sleman( dalam hal ini Koperasi dan UMKM Pemkab Sleman) serta Forkom se Kabupaten Sleman ini bisa berjalan, dampaknya luar biasa,’ ’ujarnya. (Rls)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved