Kisruh PPP

Pergantian Suharso oleh Mardiono Dinilai Menyimpang dari AD/ART PPP

Suharso Monoarfa digantikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Mardiono yang ditunjuk menjadi Plt Ketua Umum.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Wantimpres Muhammad Mardiono memberikan bantuan kepada anak yatim piatu karena Covid-19. Saat ini Muhammad Mardiono ditunjuk menjadi Plt Ketum PPP menggantikan Suharso Monoarfa 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP yang digelar 4 September 2022 di Serang, Banten memutuskan mengganti Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa.

Suharso Monoarfa digantikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Mardiono yang ditunjuk menjadi Plt Ketua Umum.

Namun pergantian pucuk pimpinan PPP tersebut mendapatkan sorotan dari Ketua Dewan Pimpinan Pusat(DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Saifullah Tamliha.

Tamliha menyatakan kalau Mukernas yang digelar oleh Majelis Tinggi Partai menyimpang dari Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PPP.

"Mukernasnya menyimpang dari proses yang diatur AD/ART," kata Tamliha saat dikonfirmasi awak media di Gedung Nusantara III, Kompleks DPR/MPR, Senayan, Senin (5/9/2022).

Kendati demikian, Tamliha tidak menjabarkan secara detail isi dari AD/ART PPP perihal mekanisme digelarnya Mukernas. Dirinya hanya mengatakan kalau tidak ada yang bisa mencopot Ketua Umum PPP kecuali dalam Muktamar PPP.

"Nggak ada yang bisa mencopot Ketum PPP, sebab yang dipilih oleh Muktamirin hanyalah Ketua Umum dan formatur untuk membantu Ketum terpilih untuk menyusun pengurus DPP PPP," kata dia.

Sebelumya, Majelis Tinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menetapkan menggantikan Suharso Monoarfa dengan mengangkat Muhammad Mardiono sebagai Ketua Umum DPP PPP.

Terkait dengan pergantian tersebut, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani membeberkan beberapa dasar pertimbangan penetapan itu.

Salah satu di antaranya yakni ingin memfokuskan tingkat keterpilihan PPP pada Pemilu 2024 mendatang. "Ya iya (terkait pemilu 2024, red) itu saja, yang lainya pemantik," ucap Arsul.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved