Sekaten Yogyakarta 2022

NOSTALGIA Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta yang Jadi Lokasi Pasar Malam Sekaten 2022, Ini Kisahnya

Inilah kisah nostalgia Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta (STIEKERS). Kini sudah rata tanah, bakal jadi lokasi Pasar Malam Sekaten 2022.

DOK. Facebook Page STIE Kerjasama Yogyakarta
NOSTALGIA Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta yang Jadi Lokasi Pasar Malam Sekaten 2022, Ini Kisahnya 

TRIBUNJOGJA.COM - Pasar Malam Sekaten akan kembali digelar tahun ini. Setelah tiga tahun absen, akhirnya pesta rakyat tahunan DIY akan diadakan lagi.

Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu bahwa Pasar Malam Sekaten tidak akan lagi digelar di Alun-alun Utara Yogyakarta. Tahun 2018 lalu, menjadi Sekaten terakhir di Altar.

Adapun Pasar Malam Sekaten 2022 yang bertajuk “Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022” akan digelar di Jalan Parangtritis Kilometer 3, Salakan, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DIY.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Pasar Malam Sekaten Yogyakarta 2022 Tak Digelar di Alun-Alun Utara Keraton

Sebagai informasi, lokasi tersebut merupakan lahan bekas Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta atau yang dikenal sebagai STIEKERS.

Berikut kisah nostalgia Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta yang akan jadi lokasi Pasar Malam Sekaten 2022.

Kisah Kampus STIEKERS yang rusak parah akibat gempa bumi 2006

Kisah Kampus STIEKERS yang rusak parah akibat gempa bumi 2006. Foto Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta sebelum gempa bumi di Jogja tahun 2006. Foto diambil dari Facebook Page STIE Kerjasama Yogyakarta.
Kisah Kampus STIEKERS yang rusak parah akibat gempa bumi 2006. Foto Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta sebelum gempa bumi di Jogja tahun 2006. Foto diambil dari Facebook Page STIE Kerjasama Yogyakarta. (DOK. Facebook Page STIE Kerjasama Yogyakarta)

Kembali pada 27 Mei 2006 lalu, tepat pada pukul 05:53 WIB, gempa berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang DIY selama kurang lebih 59 detik lamanya.

Dalam waktu singkat, ribuan korban berjatuhan, banyak bangunan roboh rata dengan tanah, tak terkecuali gedung empat lantai STIE Kerjasama Yogyakarta di Jalan Parangtritis Kilometer 3.

Bangunan empat lantai itu rusak parah, sampai kondisinya miring karena lantai satu hancur.

Berikut potret kampus STIEKERS yang rusak akibat gempa di Jogja 16 tahun silam, diambil dari jurnal Salahuddin Husein yang dirilis pada Januari 2016 lalu melalui laman Researchgate.

Foto Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta yang rusak parah akibat gempa bumi di Jogja pada 27 Mei 2006. Foto diambil dari jurnal Salahuddin Husein yang dirilis pada Januari 2016 lalu melalui laman Researchgate.
Foto Kampus STIE Kerjasama Yogyakarta yang rusak parah akibat gempa bumi di Jogja pada 27 Mei 2006. Foto diambil dari jurnal Salahuddin Husein yang dirilis pada Januari 2016 lalu melalui laman Researchgate. (DOK. Researchgate/Salahuddin Husein)

Karena rusak parah, bangunan kampus STIEKERS dirobohkan. Hanya tersisa lahan kosong yang sering digunakan untuk pentas sirkus. 

Dikutip dari laporan wartawan Tribunjogja.com, Jumat (27/5/2016), beberapa warga yang tinggal di sekitar lahan bekas Kampus STIEKERS membeberkan kisah tentang kampus itu.

“Kabarnya (ada seorang penjaga malam kampus yang) kejepit sampai kakinya dipotong,” beber seorang warga bernama Tuginem, kepada wartawan Tribunjogja.com, Jumat (27/5/2016).

“Tapi waktu itu (saat gempa bumi 27 Mei 2006) bingung sekali, semua orang menyelamatkan diri sendiri. Anak saya dibawa budenya entah ke mana baru ketemu sorenya,” ujar Tuginem.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved