Jadwal Pencairan BSU

Kemenaker Targetkan Pencairan BSU Dilaksanakan September Ini

Pemerintah menargetkan BSU bantalan sosial bagi 16 juta pekerja bergaji maksimal Rp3,5 juta akan dicairkan bulan September ini.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
kemnaker.go.id
Jumlah dana yang diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600 ribu 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pemerintah menargetkan bantuan subsidi upah (BSU) bantalan sosial bagi 16 juta pekerja bergaji maksimal Rp3,5 juta akan dicairkan bulan September ini.

Saat ini Kementrian Ketenagakerjaan Indonesia (Kemenaker) tengah merampungkan hal-hal teknis terkait dengan penyaluran BSU.

Finalisasi hal-hal teknis terkait dengan penyaluran BSU sebesar Rp 600 ribu untuk setiap pekerja melibatkan sejumlah instansi terkait.

Mulai dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Kemudian dengan BPJS Ketenagakerjaan, himpunan bank milik negara (himbara) serrta PT Pos Indonesia.

Sementara hal-hal teknis yang tengah diselesaikan oleh Kemenaker mulai dari penyelesaian administrasi keuangan dan anggaran untuk pengalokasian dana BSU, finalisasi regulasi berupa peraturan Menaker tentang penyaluran BSU serta koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait pemadanan data.

Dikutip dari Kompas.com, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan pihaknya tengah berusaha merampungkan hal-hal teknis terkait penyaluran BSU bantalan sosial pengalihan subsidi BBM ini.

Harapannya, seluruh kelengkapan teknis untuk penyaluran BSU bisa segera rampung sehingga bantuan senilai Rp 600 ribu bisa segera ditransfer kepada penerima.

“Kemenaker terus menyiapkan dan memfinalkan segala hal teknis untuk proses penyaluran BSU. Kami terus berupaya agar BSU ini dapat tersalurkan pada September 2022 ini,” ujar Ida dilansir dari siaran pers di laman resmi Sekretariat Kabinet pada Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Cair September, Cek Penerima BSU Karyawan Rp 600 Ribu di Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Baca juga: Cara Cek Penerima BSU Bantalan Sosial 2022 Lewat Bsu.kemnaker.go.id

Ida mengungkapkan terkait koordinasi dengan TNI dan Polri, hal itu dilakukan agar nantinya BSU benar-benar diterima oleh pekerja yang bergaji maksimal 3,5 juta, dan tidak tersalurkan kepada ASN maupun anggota TNI Polri.

"Untuk menjaga agar BSU ini tidak tersalurkan ke aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI, maupun anggota Polri," kata Ida.

Langkah yang diambil oleh Kemenaker, imbuh Ida, merupakan upaya agar bantuan dari pemerintah tersebut benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Pada hakikatnya Kemenaker akan mempercepat proses ini untuk menjamin ketepatan dan akuntabilitas penyaluran BSU tersebut," ujar dia.

Ida mengatakan, BSU 2022 merupakan salah satu bantalan sosial yang dikeluarkan pemerintah.

Sebagaimana instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), BSU akan disalurkan kepada 16 juta pekerja yang memiliki gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan.

"Masing-masing akan mendapatkan Rp 600.000. Total anggaran BSU tahun 2022 sebesar Rp9,6 triliun," kata Ida.

“Kebijakan ini diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat yang terdampak lonjakan harga yang terjadi secara global,” ujar dia.(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved