Tol Yogyakarta Solo

Soal Tol Yogya-Solo penghubung ke YIA, Kepala DPTR Kulon Progo: Masih Menunggu Rentek dan DPT

Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Kulon Progo masih menunggu rencana teknis (rentek) dan dokumen pengadaan tanah (DPT),

TRIBUNJOGJA.COM/ ALMURFI SYOFYAN
Seorang pengendara sepeda motor melintas di dekat pengerjaan proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Desa Kadirejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Kulon Progo masih menunggu rencana teknis (rentek) dan dokumen pengadaan tanah (DPT), meski proyek pembangunan jalan Tol Yogya-Solo seksi 3 yang menghubungkan Yogyakarta-YIA mulai ada gambaran. 

Dikarenakan, rentek dan DPT menjadi kewenangannya DPTR DIY. 

"Semuanya (rentek dan DPT) di DPTR DIY. Karena sudah lintas kabupaten ada Sleman, Kulon Progo dan Bantul kewenangannya Pak Krido (Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY). Saya gak berani jawab karena sudah lintas kabupaten mau mendetail di luar kewenangan saya," kata Riyadi Sunarto, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo, Rabu (31/8/2022). 

Baca juga: Pakar Universitas Widya Mataram: PTM Katrol Ekonomi Warga, tapi Momentum PJJ Juga Harus Dijaga

Kendati demikian, sosialisasi terkait rencana pembangunan jalan tol yang melintas di Kulon Progo pernah dilakukan pada awal tahun ini.

Hanya saja, sosialisasi baru sebatas ke kepala organisasi perangkat daerah (OPD), panewu dan lurah yang wilayahnya dilewati trase jalan tol ini. 

Hal ini dikarenakan izin penetapan lokasi (IPL) terkait proyek pembangunan jalan tol di Kulon Progo sampai saat ini juga belum dikeluarkan oleh Gubernur DIY. 

"Dulu awal 2022 di Januari, pernah ada semacam pertemuan antara pejabat pembuat komitmen (PPK) satuan kerja (satker) pelaksana jalan bebas hambatan (PJBH) dan PT Jogja Solo Marga Makmur kepada kepala OPD, panewu dan lurah yg diperkirakan wilayahnya dilewati trase jalan tol. Kalau IPL belum turun kita gak berani ngomong trase dan ruas," jelasnya. 

Baca juga: Remaja 18 Tahun Nekat Mencuri Mobil Taksi Online di Godean Sleman

Adapun, trase jalan tol Solo-Yogyakarta International Airport (YIA) rencananya dibangun sepanjang 38,5 kilometer. 

Trase pembangunan jalan tol akan melintasi 17 kalurahan di Kulon Progo

Di antaranya Banguncipto, Kaliagung, Donomulyo, Pengasih, Karangsari, Sendangsari, Wates, Kulur, Kaligintung, Temon Wetan, Temon Kulon, Karangwuluh, Sindutan, Kebonrejo, Janten, Hargorejo dan Hargomulyo. (*/scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved