Pilpres 2024

Hasil Survei Poltracking: Ganjar 26,6 Persen, Prabowo 19,7 Persen, Anies Baswedan 17,7 Persen

Hasil survei elektabilitas calon presiden terbaru kembali menempatkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di posisi tiga besar

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
kolase/dok Tribunnews.com
Tiga besar capres dengan elektabilitas tertinggi dalam survei yang dilaksanakan oleh Poltracking 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hasil survei elektabilitas calon presiden terbaru kembali menempatkan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan di posisi tiga besar apabila pemilihan presiden digelar pada saat survei berlangsung.

Survei terbaru ini dilaksanakan oleh lembaga survei Poltracking pada 1-7 Agustus 2022 lalu.

Dalam survei yang dilaksanakan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 orang responden ini, Ganjar Pranowo menempati urutan tertinggi dengan raihan 26,6 persen.

Kemudian di posisi kedua ada Prabowo Subianto 19,7 persen, dan Anies Baswedan 17,7 persen.

Di posisi keempat ada nama Agus Harimurti Yudhoyono dengan 4,7 persen dan kelima Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 3,9 persen.

Dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com, Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yudha menyebutkan, dalam simulasi 10 nama, nama Ganjar Pranowo menempati urutan teratas dengan 26,6 persen.

Ganjar unggul atas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang masuk tiga besar.

"Dari 10 nama teratas, ada tiga kandidat terkuat dengan elektabilitas dua digit, Ganjar Pranowo (26,6 persen), Prabowo Subianto (19,7 persen), dan Anies Baswedan (17,7 persen)," kata Hanta dalam keterangannya, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Muncul Wacana Duet Prabowo-Puan untuk Pilpres 2024, Bagaimana Nasib Cak Imin?

Sementara itu, lima nama lainnya memiliki elektabilitas di bawah 3 persen, yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua DPR Puan Maharani, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Adapun dalam survei ini masih terdapat 16,1 persen undecided voters, yakni responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab (8,9 persen), dan tidak mau menjawab atau merahasiakan (7,2 persen).

Survei ini dilaksanakan dengan wawancara tatap muka terhadap 1.220 orang responden yang dipilih melalui metode multistage random sampling.

Survei ini memiliki margin of error +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

 

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved