Gula Darah

10 Tanda-tanda Gula Darah Tinggi yang Kerap Tak Disadari

Gula darah tinggi atau disebut juga sebagai hiperglikemia terjadi ketika ada penumpukan glukosa berlebih dalam aliran darah.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
SHUTTERSTOCK.COM
Ilustrasi gejala diabetes pada perempuan 

Tribunjogja.com - Mungkin ada banyak orang yang tidak menyadari memiliki gula darah tinggi.

Gula darah tinggi atau disebut juga sebagai hiperglikemia terjadi ketika ada penumpukan glukosa berlebih dalam aliran darah.

Gula darah tinggi sering kali menjadi perhatian orang dengan diabetes. Namun, sebenarnya perlu juga menjadi perhatian orang yang belum didiagnosis diabetes

Ilustrasi : Gula Darah
Ilustrasi : Gula Darah (grid.id)

Mengutip Kementerian Kesehatan, kadar gula darah normal yaitu kurang dari 100 mg/dL. Tubuh dalam kondisi normal tersebut mampu merespons glukosa dari makanan yang masuk ke aliran darah.

Mengutip Self, biasanya saat itu terjadi pankreas akan memproduksi insulin dalam jumlah yang tepat untuk membantu memindahkan glukosa dari alairan darah ke sel-selu tubuh.

Kemudian dari sana glukosa akan diubah menjadi energi cadangan tubuh.

Tujuan dari kerja hormon insulin yang dihasilkan pankreas adalah untuk menjaga jumlah glukosa dalam darah dalam kisaran yang sehat. Namun, ketika jumlah glukosa yang masuk dari makanan terlalu tinggi bisa terjadi respons yang abnormal dan memunculkan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Sering kencing

Mengutip Self, ketika gula darah naik ginjal mulai mencoba untuk mengeluarkan lebih banyak gula melalui air seni. "Saat tubuh mengeluarkan gula, air akan dikeluarkan bersamanya,” ucap Ahli endokrinologi Betul Hatipoglu.

 Alhasil, seseorang dengan gula darah naik akan mengalami sering kencing. 

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved