Cacar Monyet

Jangan Keliru! Begini Cara Membedakan Cacar Monyet dan Cacar Air

Perbedaan utama antara gejala cacar air dan monkeypox / cacar monyet adalah bahwa cacar monyet menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
dok.istimewa
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Kasus cacar monyet alias monkeypox sudah dikonfirmasi masuk Indonesia.

Pasien monkeypox / cacar monyet tersebut merupakan seorang laki-laki berusia 27 tahun, dengan riwayat perjalanan ke Belanda, Swiss, Belgia dan Perancis sebelum tertular.

Cacar monyet mirip cacar air, namun kedua penyakit ini berbeda. Untuk meningkatkan kewaspadaan penting memahami cara membedakan cacar monyet dan cacar air.

Cara membedakan cacar monyet dan cacar air
Cara membedakan cacar monyet dan cacar air (ist)

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH dalam keterangan pers (20/8/2022) menghimbau masyarakat agar tidak panik karena daya tular dan fatalitas monkeypox / cacar monyet sangat rendah dibandingkan dengan Covid-19.

Sebagai gambaran, saat ini ada 39,718 kasus konfirmasi monkeypox / cacar monyet diseluruh dunia namun yang meninggal hanya 12 orang, atau kurang dari 0.001 persen dari total kasus.

Transmisi monkeypox / cacar monyet tidak semudah Covid-19 yang melalui droplet di udara. “Penularan monkeypox melalui kontak erat,” kata dr Syahril.

Konfirmasi kasus monkeypox / cacar monyet pertama di Indonesia telah ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta bersama Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes untuk melakukan surveilans kepada masyarakat atau kontak erat dari pasien.

Sebagai bentuk kewaspadaan, tambah dr. Syahril, Kemenkes sudah melakukan pemantauan intensif di seluruh pintu masuk Indonesia, baik dari udara, laut, maupun darat yang berhubungan langsung kepada negara-negara yang sudah melaporkan adanya kasus monkeypox.

Sekitar 89 negara yang sudah melaporkan adanya kasus monkeypox / cacar monyet di negaranya. 

Baca juga: Inilah Gejala dan Tanda-tanda Awal Cacar Monyet Hingga Muncul Ruam di Tubuh

Pemerintah juga sudah memberikan status kewaspadaan kepada seluruh maskapai penerbangan dan pelabuhan untuk bersama memberikan suatu kewaspadaan apabila ada penumpangnya yang mempunyai gejala monkeypox / cacar monyet.

Halaman
123
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved