Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Kagum dengan Program Ketrampilan Siswa MAN 2 Kulon Progo

Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI Kagum dengan Program Ketrampilan Siswa MAN 2 Kulon Progo

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Istimewa
Kunjungan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi, M.Ag ke MAN 2 Kulon Progo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi, M.Ag berkesempatan mengunjungi MAN 2 Kulon Progo pada Jumat 19 Agustus 2022.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi, M.Ag didampingi oleh Kepala Subdit Kurikulum dan Evaluasi Direktorat KSKK Madrasah Kemenag RI, Dr. Suwardi, M.Pd. dan disambut oleh Sub Koordinator Kurikulum dan Kesiswaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimiwa Yogyakarta, Hj. Anita Isdarmini, S.Pd, M.Hum dan didampingi oleh Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, juga oleh Kepala Tata usaha, Latif Fakhruddin, S.Ag dan para wakil kepala dan beberapa guru yang sedang tidak bertugas mengajar di dalam kelas.

Begitu tiba di Kampus Pusat (Unit 2) MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan Wates KulonProgo, Moh.Isom Sauqi dan Suwardi langsung menuju ruang workshop keterampilan di Gedung Pusat Workshop Keterampilan.

Di ruang Workshop Keterampilan Agribisnis dan Pengalohan Hasil Pertanian ia menyaksikan siswa-siswa kelas X mencoba melihat hasil pertanian yang diproses menjadi bahan pangan.

Di ruang workshop tataboga, ia menyaksikan siswa-siswa kelas X sedang berlatih membuat sirup serai, bolu kentang, dan olahan daging.

Kemudian menuju keruang workshop keterampilan tata busana.Ia menyaksikan kain-kain produk unggulan MAN 2 KulonProgo yaitu kain shibori dan kain ecoprint.

Di ruang workshop DKV dan TAV, ia menyaksikan para siswa sedang merancang desain grafis.

Moh, Isom Sauqi dan Suwadi juga mengunjungi ruang produksi DKV dan TAV, dan takkalah pentingnya Ruang Podcast, tempat para siswa berkarya untuk mengembangkan chanel youtube milik siswa-siswi MAN 2 KulonProgo.

Baca juga: Melalui Gropyok Sampah, Pemkab Kulon Progo Tekankan Pengelolaan Sampah Bernilai Ekonomis

Selesai mengunjungi ruang workshop keterampilan, Moh, Isom Sauqi dan Suwadi menuju Ruang Managemen di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu untuk memberikan beberapa arahan dan menampung pendapat, aspirasi warga MAN 2 KulonProgo dan terakhir menuju Hall Mandaku untuk berfoto bersama dengan para guru dan pegawai untuk berfoto bersama.

Moh, Isom Sauqi mengakhiri kunjungan dengan memberikan jurnalis (parasiswa) podcast untuk berwawancara.

Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi mengungkapkan dalam kunjungannya ke MAN 2 Kulon Progo ini, dirinya melihat potensi yang dimiliki oleh sekolah bisa melebihi dari sekolah kejuruan umum.

Namun demikian, kepada pihak sekolah, dia meminta untuk meningkatkan kualitas bahan dan kualitas produksi agar hasil produksi bias diterima masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Prof. Dr. Moh. Isom Sauqi juga menyempatkan diri untuk merasakan produk olahan karya siswa MAN 2 Kulon Progo, yakni Yoghurt Manjagurt.

“Ternyata MAN 2 KulonProgo sudah membangun jaringan bisnis dengan pihak luar,” katanya.

Manjagurt adalah olahan Yogurt, yang bahan bakunya berupa susu kambing milik Rajendra Farm, perusahaan yang berasal dari Kapanewon Samigaluh, di atas perbukitan Menoreh, yang berbatasan langsung dengan kabupaten Purworejo.

Ia mengusulkan agar madrasah menggunakan bilingual dalam memberikan informasi kemadrasahan agar MAN 2 Kulon Progo tidak hanya dikenal dalam lingkup nasional tetapi juga lingkup antarbangsa.(*)

 

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved