Bupati Bantul Abdul Halim Muslih

Bupati Halim Minta Disnakertrans Bantul Mendata Lagi Perusahaan Untuk Serap Naker Disabilitas

Pemkab Bantul melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Bantul menggelar workshop dan peluncuran unit layanan disabilitas, Kamis (18/8/2022).

Penulis: Santo Ari | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/SANTO ARI
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih meluncurkan unit layanan disabilitas di bangsal Rumah Dinas Bupati, Kamis (18/8/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) menggelar workshop dan peluncuran unit layanan disabilitas di bangsal Rumah Dinas Bupati, Kamis (18/8/2022).

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyatakan, bahwa secara eksplisit pemberdayaan penyandang disabilitas ini sudah dinyatakan dalam misi Pemkab Bantul, yakni penanggulangan masalah kesejahteraan dan pencapaian Bantul sebagai Kabupaten Layak Anak, ramah perempuan dan disabilitas.

Baca juga: Bupati Halim Sebut Program PAB Untuk Atasi Masalah Kekeringan Air di Bantul

Baca juga: Bupati Halim: Job Fair Disnakertrans Bantul Bisa Tekan Angka Pengangguran

"Ini tak boleh berhenti dalam kata-kata misi, harus ditindaklanjuti. Dan, kita sudah ada perangkat perundang-undangan sampai ke Perda Nomor 3 Tahun 2021 tentang pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas yang mengamanatkan setiap perusahaan harus merekrut 1 persen dari penyandang disabilitas dan 2 persen untuk ASN," ujar Abdul Halim Muslih.

Karenanya, ia memerintahkan Disnakertrans untuk mendata lagi perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bantul, agar semakin banyak penyerapan tenaga kerja dari penyandang disabilitas, baik sektor swasta maupun instansi pemerintah.

"Kita terus mengingatkan, bahwa ini sudah diatur undang-undang dan perda. Ada sanksi hukumnya. Karena itu, tentu kita akan memenuhi ketentuan itu," ucap Bupati Abdul Halim.

"Namun begitu, penyandang disabilitas juga tetap harus di tes, tidak serta merta diterima, tetap ada syarat-syaratnya. Mereka tetap harus berkompetisi sesama disabilitas," sambung Halim.

Bupati Bantul menyebutkan, peluncuran unit layanan disabilitas ini sebagai sebuah langkah strategis dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Bantul

“Semoga dengan adanya unit layanan ini akan memudahkan warga disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian,” harap Bupati Abdul Halim Muslih. (nto/ayu)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved