Tol Yogyakarta Solo

PROYEK Tol Yogyakarta-Solo Terjang 5 Pemakaman di Klaten, Bongkar Makam dan Tahlilan Ditanggung

Kasi Pengadaan Tanah BPN Klaten, Sulistiyono menyebut setidaknya 5 kompleks pemakaman umum di daerah itu ikut kena terjang proyek tol

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Joko Widiyarso
Tribun Jogja
Update berita terbaru proyek Tol Yogyakarta-Solo di Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pembebasan tanah guna pembangunan fisik proyek jalan tol Yogyakarta-Solo di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tak hanya menerjang rumah dan lahan persawahan.

Kompleks tempat pemakaman umum (TPU) juga tak luput dari terjangan proyek jalan bebas hambatan tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan Tanah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Klaten, Sulistiyono menyebut setidaknya 5 kompleks pemakaman umum di daerah itu ikut kena terjang proyek tol.

"Kalau pemakaman kurang lebih ada 5 kompleks yang kena, itu belum dibebaskan semuanya karena ini masuk tanah kas desa (TKD)," ujarnya saat TribunJogja.com temui di Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Selasa (12/7/2022).

Menurut Sulis, proses ganti rugi kompleks pemakaman yang kena proyek strategis nasional (PSN) di Kabupaten Klaten itu akan mengacu kepada Permendagri nomor 1 tahun 2016 tentang pengelolaan aset desa.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah, BPN Klaten, Sulistiyono saat ditemui di Desa Kapungan, Selasa (1/12/2020).
Kepala Seksi Pengadaan Tanah, BPN Klaten, Sulistiyono saat ditemui di Desa Kapungan, Selasa (1/12/2020). (Tribun Jogja/ Almurfi Syofyan)

"Nanti barengan dengan tanah kas desa, makam-makam ini nanti akan dipindah dan biaya pemindahan akan ditanggung oleh panitia tol, jadi mulai dari bongkar makam, tahlilan dan slametan juga dari panitia," ucapnya.

Meski menyebut terdapat 5 kompleks makam yang kena terjang tol, namun Sulis tidak merinci di desa mana saja pemakaman yang kena terjang tol tersebut.

Disamping itu, Sulis merincikan jumlah bidang tanah yang sudah dibayarkan uang ganti kerugian (UGR-nya) di Klaten yakni mencapai 1.938 bidang dengan nilai UGR sekitar Rp 1,7 triliun.

"Ini bidang tanahnya tersebar di 31 desa kelurahan. Kalau total desa yang kena tol di Klaten sebanyak 51 desa kelurahan tersebar di 11 kecamatan," jelasnya.

Ia optimis proses pembebasan tanah yang terdampak tol di Klaten rampung dibayarkan di akhir tahun 2022 ini.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved