Gelar Workshop Bahan Ajar, Prodi Ilmu Pemerintahan UMY Komitmen Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Program Studi Ilmu Pemerintahan (IP) UMY menggelar Workshop Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method dan Project Based Learning, di Kota Yogyakart

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Para dosen Prodi IP UMY selepas mengikuti workshop bahan ajar di Kota Yogyakarta, Selasa (5/7/2022) sore lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Program Studi Ilmu Pemerintahan (IP) UMY menggelar Workshop Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method dan Project Based Learning, di Kota Yogyakarta , Selasa, (5/7/2022) sore lalu.

Agenda ini dilangsungkan, untuk mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

Prof. Dr. Mukhammad Murdiono dari UNY, yang didapuk sebagai  narasumber, mengungkapkan, workshop pengembangan bahan ajar menjadi salah satu langkah dalam mewujudkan kurikulum yang adaptif bagi kualitas pembelajaran.

Baca juga: Polda DIY Minta Warga Laporkan Keberadaan Tersangka Kasus Penganiayaan di Sleman yang Jadi DPO

Sebab, kampus dituntut memberikam materi yang up to date bagi mahasiswa, sekaligus untuk meningkatkan kualitas lulusan.

Dalam kesempatan tersebut, ia pun memaparkan beberapa tahapan yang wajib diperhatikan prodi, dalam menyusun bahan ajarnya.

Antara lain, melakukan analisis kurikulum, mengumpulkan referensi, merancang outline, menulis buku sesuai karakterisitik usia pembaca, mengevaluasi tulisan, serta memberikan ilustrasi secara proporsional.

"Kurikulum yang adaptif sangat penting bagi pembelajaran mahasiswa. Salah satunya, adalah melalui bahan ajar yang ditulis secara inovatif dan tidak konvensional, sehingga materi dapat ditangkap dengan lebih mudah," katanya.

Sementara itu, Dr. Dian Eka Rahmawati, sebagai koordinator pelaksanaan kegiatan workshop menuturkan, bahwasannya diskusi mengenai penyusunan bahan ajar ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat perlunya mempersiapkan tahapan yang benar-benar komprehensif.

Baca juga: Dispermades Kabupaten Magelang Dorong Terciptanya Desa Maju dan Berkarakter

Setelah kegiatan workshop dilaksanakan, selanjutnya para dosen IP UMY menyusun bahan ajar yang bakal diterapkan kepada para mahasiswa.

Selain memiliki tujuan dalam menciptakan kualitas pembelajaran yang up to date, juga diharapkan agar para mahasiswa memiliki skill yang optimal untuk dunia kerja.

"Tentunya, kegiatan workshop ini memiliki tujuan untuk menciptakan kualitas kurikulum yang baik, sehingga dibutuhkan langkah-langkah yang perlu dietahui oleh para dosen dalam menyusun bahan ajar yang optimal," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved