Breaking News:

Menjelajahi Sentra Mebel Bambu Sendari di Sleman yang Telah Go International 

Awal mula Sentra Mebel Bambu Sendari berdiri merupakan hasil pemikiran bersama dari para warga di Padukuhan Sendari. 

Tribunjogja/ Neti Istimewa Rukmana
Ketua Sentra Mebel Bambu Sendari, Paidi, sedang mengukur satu di antara kerajinan bambu di Sentra Mebel Bambu Sendari, di Padukuhan Sendari, Kalurahan Tirtoadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (19/6/2022) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Sentra Mebel Bambu Sendari merupakan sentra kerajinan bambu di Padukuhan Sendari, Kalurahan Tirtoadi,  Kapanewon Mlati,  Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Ketua Sentra Mebel Bambu Sendari, Paidi, menceritakan awal mula Sentra Mebel Bambu Sendari berdiri merupakan hasil pemikiran bersama dari para warga di Padukuhan Sendari. 

Menurutnya, mayoritas warga Padukuhan Sendari pada 1997 memiliki profesi sebagai pengrajin bambu. 

"Saat itu, kami meminta izin kepada kalurahan setempat untuk bisa memfungsikan tanah kas desa sebagai wadah atau showroom produksi kerajinan bambu. Tapi, tentu tanah itu kami sewa dan harganya sangat murah sekali, " katanya, kepada Tribunjogja.com Minggu (19/6/2022) siang. 

Khusus di Padukuhan Sendari terdapat 73 pengrajin bambu, terdiri atas 15 pemuda pengrajin bambu dan 58 orang tua pengrajin bambu. 

Singkat cerita, ternyata Paidi merupakan generasi kedua setelah ayahnya yakni Almarhum Kartodimerjo sebagai pencetak produksi bambu pertama di Padukuhan Sendari pada 1958. 

Dikatakannya, hingga kini usaha tersebut terus eksis di berbagai negara. 

Ia pun pernah diminta sebagai pengisi acara workshop kerajinan bambu di Timor Leste, Papua New Guinea, Malaysia,  Filipina, Korea Selatan, hingga Afrika Selatan. 

Acara workshop yang digelar itu bertujuan untuk melatih dan mengajak orang-orang dapat mengolah berbagai jenis bambu menjadi karya atau kerajinan tangan. 

Sehingga, hasilnya pun dapat dijual dan mendongkrak sisi ekonomi bagi mereka. 

"Saya pribadi merasa bersyukur bisa membagi ilmu kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," tambahnya. 

Dia pun membagikan cara mengolah bambu yang baik, dimulai dari furnitur, tingkat konstruksi hingga kerajinan bambu dengan ukuran kecil. 

Proses pembuatan mebel bambu pun tidaklah sulit. 

Sebagai contoh ia memaparkan, untuk membuat mebel yang terdiri atas satu set kursi dibutuhkan waktu satu hari dalam proses pembuatan kerangka kursi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved