Selamat Jalan Buya Syafii Maarif

Kabar duka datang pada Jumat (27/5/2022). Tokoh bangsa, Prof Dr Ahmad Syafii Maarif atau yang lebih dengan sebutan Buya Syafii wafat.

Editor: ribut raharjo
kompas.com
Buya Syafii Maarif 

Oleh: Dr Andry Wibowo SIK MH Msi

TRIBUNJOGJA.COM - Kabar duka datang pada Jumat (27/5/2022). Tokoh bangsa, Prof Dr Ahmad Syafii Maarif atau yang lebih dengan sebutan Buya Syafii wafat.

Sejatinya tidak terlalu dalam dan dekat secara pribadi saya mengenal Buya Syafii Maarif.

Saya mengenal Buya Syafii lebih kepada pandangan pandangan beliau tentang hal-hal yang berhubungan dengan pernyataan-pernyataan beliau tentang persoalan relasi sosial keagamaan yang linier dengan latar belakang keilmuaan dan pergerakan organisasi Islam Muhamadiyah .

Hal-hal lain tentunya beberapa kali beliau tampil dan menyatakan pandangan tentang perlunya penguatan aspek moral dan etis pemerintahan yang berhubungan dengan hadirnya birokrasi dan birokrat yang melayani dan bersih dalam menjalankan tugas profesinya.

Dalam kesempatan lain juga beberapa kali di media ditampilkan sosok Buya Syafii Maarif yang berkopiah , pakaian sederhana, bersepeda sebagai wujud penampilan personal kehidupan sehari-hari dalam melaksanakan aktivitas rutinnya.

Sebagai tokoh bangsa yang mengenyam pendidikan di dalam dan luar negeri untuk mempelajari tentang Islam dan Islamisme , berasal dari Sumatera Barat dan memilih hidup di Yogyakarta, sosok Buya Syafii Maarif juga ingin menunjukkan kepada kita bagaimana sejatinya menjadi seorang Indonesia yang hidup dengan ke Indonesiaannya dengan ciri dan karakter yang identik dengan ragam budaya yang saling melengkapi serta hidup bersandingan dalam ruang sosial dalam tata kerama yang wajib dijunjung tinggi.

Kesadaran keIndonesiaan ini penting pada masa-masa kini, di tengah tengah arus globalisasi dan semburan informasi di dunia maya yang memberikan implikasi serius pada konsep-konsep bernegara, berbangsa dan bermasyarakat yang berbasis kepada ke-Indonesiaan.

Kesadaran ke-Indonesiaan menghadapi tantangan yang hebat dari sisi kesadaran sejarah dan kejuangan; kesadaran ideologi dan politik kebangsaan; kesadaran budaya dan peradaban Indonesia yang mesti dibangun serta kesadaran membangun indonesia yang adil dan makmur sebagai tujuan pokok bernegara dan berbangsa.

Buya Safii Maarif merupakan model dari sosok Muslim yang menyadari sepenuhnya bahwa membangun Indonesia harus berangkat sepenuhnya dari pondasi kesadaran ke-Indonesiaan yang mengakar pada nilai-nilai yang ada pada kondisi natural Indonesia, sejarah dan kejuangan serta visi dan politik Indonesia merdeka.

Buya Syafii Maarif juga ingin menunjukkan kepada kita menjadi Muslim yang taat tidak harus meninggalkan karakter ke-Indonesiaan karena sejatinya Islam dan Islamisme yang ada pada dirinya dipahami sebagai Islam dan Islamisme yang universal yang menjaga kehidupan yang lestari, harmoni dan bahagia.

Bagi saya pribadi Buya Safii Maarif adalah tokoh Muslim yang menjaga ke-Indonesiaan.

“Selamat Jalan Buya “

Yogyakarta, Mei 2022

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved