Mudik Lebaran

Hasil Survei Arus Mudik Lebaran, 23 Juta Mobil dan 17 Juta Sepeda Motor Pulang Kampung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 28 April hingga 30 April 2022.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMO
Ilustrasi Arus Mudik Lebaran 

Tribunjogja.com Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada 28 April hingga 30 April 2022.

Jokowi pun mengimbau masyarakat mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan parah.

Imbauan ini dilakukan berdasarkan adanya survei dari Kementerian Perhubungan yang didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan para pemudik nantinya.

"Ini adalah jumlah yang sangat besar dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah. Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada tanggal 28, 29 dan 30 April 2022," jelas Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Mudik Lebaran
Mudik Lebaran (Warta Kota/Henry Lopulala)

Dalam mengantisipasi penumpukan kendaraan di jalan saat arus mudik, pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui aturan ganjil genap dan pemberlakuan satu arah atau one way.

Selain itu, pemerintah juga melakukan pelarangan truk untuk masuk ke jalan tol.

"Untuk itu, saya mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal tentu saja menyesuaikan dengan jadwal libur dari tempat bekerja," ajak Jokowi.

Dilansir dari laman Kemenhub, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (15/4), mengecek kegiatan simulasi penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol arah Cikampek.

Jalur tol dari Bekasi, Jakarta ke arah Cikampek hingga Semarang menjadi titik utama yang diprediksi akan terjadi kepadatan pada masa mudik lebaran nanti.

Simulasi rekayasa lalu intas ini dilakukan sebagai ujicoba, untuk mengetahui mana yang paling efektif menekan kemacetan dengan rasio perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan (VC Ratio) yang terkecil.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved