Berita Kota Magelang Hari Ini

Pemkot Magelang Dorong Ranah Pendidikan Hasilkan Generasi Berkarakter

Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang mendorong ranah pendidikan menjadi wadah untuk membentuk generasi berkarakter. Wali Kota Magelang

dok Pemkot Magelang
Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz saat membuka acara Ngolah Pikir (Ngopi) Bareng Pak Wali di MTs Negeri 1 Kota Magelang, Kamis (14/4/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang mendorong ranah pendidikan menjadi wadah untuk membentuk generasi berkarakter.

Wali Kota Magelang dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, berkualitasnya pendidikan akan menghasilkan orang-orang bermutu yang akan mengisi dan pemimpin Indonesia, khususnya di Kota Magelang.

"Pendidikan itu penting. Kalau mengajar tidak punya tujuan membentuk karakter hebat, tidak akan menghasilkan orang yang betul-betul bermutu. Karakter hebat itu contohnya berakhlak," ujarnya pada acara Ngobrol Pintar (Ngopi) Bareng Pak Wali di MTs Negeri 1 Kota Magelang, Kamis (14/4/2022). 

Baca juga: Tangkal Kejahatan Jalanan, Polsek Minggir Sleman Libatkan Jaga Warga  

Ia mengungkapkan, pemimpin yang baik adalah yang bisa melahirkan pemimpin baru yang baik.

Begitu pula, pendidik atau guru yang hebat adalah yang bisa menghasilkan orang-orang hebat. 

"Anak-anak didik harus dikuatkan dengan keberanian, toleransi, hormat pada orang lain sejak dini," ucapnya.

Ia juga memberikan pesan agar pendidik mempunyai 9 sifat penting yaitu rajin, jujur, gemi (hemat), hati-hati, setiti (teliti), guyub, rukun, loman (dermawan) dan welas sepodo-podo (mengasihi sesama).

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Papa Riyadi menyampaikan, ajakan kepada jajaran di Dinas Pendidikan dan di sekolah-sekolah agar tidak mudah mengeluh sebelum berbuat sesuatu. 

Kemudian, sejumlah inovasi Dinas Pendidikan maupun sekolah hendaknya bermuara pada visi dan misi Pemerintah Kota Magelang.

Baca juga: Pamit dari PSS Sleman, Asyraq Gufron Kenang Dua Momen Penting saat Membela Super Elja

Misalnya, Rodanya Mas Bagia yang fokus pada pemberdayaan masyarakat. Lalu, gerakan peduli siswa yang sangat membantu masyarakat miskin berupa modal usaha, perbaikan rumah, bantuan buku dan lainnya.

Ada lagi Magelang Smart City (Magesty), sekolah SIP Cemerlang, Balai Pelajar, Magelang Cantik dimana Kota Magelang sudah punya sekolah Adiwiyata dan program-program lainnya yang mendukung untuk menuju Magelang Maju, Sehat dan Bahagia.

"Selanjutnya Programis, yang menghadirkan Kampung Religi, Prima Religius sebagai penguatan agama masing-masing. Harapan ke depan agama di Kota Magelang bisa maju dan diamalkan semua," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved