Hasil Survei SMRC, Pasangan Anies-AHY Berpeluang Menangi Pilpres 2024

Dalam surveinya, SMRC menyimulasikan tiga pasang Capres dan Cawapres yakni Anies-AHY, Ganjar-Airlangga dan Prabowo-Puan.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan pertunjukan palang pintu saat menghadiri acara pelantikan pengurus DPD Partai Demokrat DKI Jakarta dan Maluku Utara di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/3/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menempatkan pasangan Anies Baswedan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan yang berpeluang memenangi Pilpres 2024.

Dalam surveinya, SMRC menyimulasikan tiga pasang Capres dan Cawapres yakni Anies-AHY, Ganjar-Airlangga dan Prabowo-Puan.

Hasilnya, Anies-AHY menempati urutan pertama dengan meraih 29,8 persen suara, Ganjar-Airlangga 28,5 persen dan Prabowo-Puan 27,5 persen.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas mengatakan penentuan pasangan capres-cawapres yang dilakukan oleh pihaknya berdasarkan lima faktor, yakni koalisi, komunikasi antar partai, tiga partai besar, faktor intensitas serta pertimbangan elektabilitas calon.

"Poros Nasdem-Demokrat-PKS dapat mencalonkan Anies Baswedan karena elektabilitasnya cukup baik, sementara Nasdem dan PKS tidak punya kader yang kompetitif," kata Abbas saat menyampaikan hasil surveinya secara daring, Kamis (7/4/2022).

Tak hanya itu, dalam hasil survei ini Abbas juga memprediksi kalau AHY bisa diterima sebagai pendamping Anies karena dinilai kompetitif dibanding nama-nama tokoh dari partai lain.

"Hasilnya, pasangan Anies-AHY mendapatkan 29,8 persen suara, Ganjar-Airlangga 28,5 persen, Prabowo-Puan 27,5 persen, Masih ada 14,3 persen yang belum menentukan pilihan," kata Abbas dikutip Tribunjogja.com dari Tribunnews.com.

Baca juga: Anies Baswedan Ucapkan Rasa Syukur Alhamdulillah

Keunggulan Anies-AHY itu kata Abbas juga didapat jika Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar maju sebagai Calon Presiden dan berpasangan dengan Ganjar Pranowo sebagai Cawapres.

Bahkan angka perolehan suara Anies-AHY mengalami penguatan dukungan hingga mencapai 32,3 persen dengan simulasi terhadap tiga pasangan yang sama dan membuat pasangan Airlangga-Ganjar menempati urutan terakhir.

Adapun tiga pasangan yang dimaksud yakni Anies-AHY, Airlangga-Ganjar dan Prabowo-Puan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved