Membangkitkan Kopi Merapi

Pemkab Sleman memiliki perhatian khusus dalam budidaya kopi di Kabupaten Sleman khususnya kopi di lereng Merapi

Membangkitkan Kopi Merapi
Ist
Danang Maharsa, S.E Wakil Bupato Sleman

KOPI merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Sleman. Terlebih kopi telah menjadi tren gaya hidup yang mampu berperan dalam kebangkitan perekonomian. Sebagai produk unggulan, Pemkab Sleman memiliki perhatian khusus dalam budidaya kopi di Kabupaten Sleman khususnya kopi di lereng Merapi. Kopi lereng Merapi memiliki citarasa yang khas.

Aktivitas vulkanik dari gunung Merapi juga berdampak bagi kesuburan lahan-lahan kopi di lereng Merapi. Material erupsi yang berasal dari Gunung Merapi mengandung unsur hara, termasuk fosfor dan kalium sangat cocok bagi lahan budidaya tanaman kopi.

Pemkab Sleman berkomitmen untuk mengembangkan budidaya kopi lereng Merapi sebagai komoditas unggulan. Di Wilayah Kabupaten Sleman sendiri terdapat tiga kapanewon yang merupakan kawasan lereng Merapi yaitu Kapanewon Turi, Kapanewon Pakem,dan Kapanewon Cangkringan.

Salah satu komoditas unggulan di kawasan lereng Merapi Kabupaten Sleman adalah kopi Merapi. Erupsi Gunung Merapi yang terjadi pada tahun 2010 sempat meluluhlantakan sektor perkebunan yang ada di sekitar lereng selatan Gunung Merapi, termasuk lahan kopi Merapi. Erupsi tersebut menyebabkan kerusakan tegakan tanaman kopi kurang lebih 75

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved