Breaking News:

Berita Kulon Progo Hari Ini

Komisi II DPR RI Kunjungi Mal Pelayanan Publik di Kulon Progo

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kulon Progo

TRIBUNJOGJA.COM/ Sri Cahyani Putri
Komisi II DPR RI didampingi Bupati Kulon Progo, Sutedjo saat meninjau MPP Kulon Progo, Kamis (3/2/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Kulon Progo, Kamis (3/2/2022). 

Dalam kunkernya, Komisi II mengapresiasi tempat pelayanan yang ada di MPP Kulon Progo

Sejak dibuka hingga saat ini, terdapat 22 stan layanan yang disediakan. “Kami ingin melihat layanan apa saja yang tersedia dan ingin mengetahui kesulitan apa yang dialami di sini. Memang harapannya ketika ada MPP ini kan proses pelayanan masyarakat jadi mudah, karena hanya datang ke sini bisa mengurus banyak perizinan dari banyak instansi,” terang Ahmad Doli Kurnia Tanjung, Ketua Komisi II DPR RI saat meninjau MPP Kulon Progo, Kamis (3/2/2022). 

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang di Sleman Menyebabkan 2 Baliho Roboh dan Sejumlah Pohon Tumbang

Bupati Kulon Progo, Sutedjo menyampaikan prinsipnya keberadaan MPP untuk mendekatkan pemerintah dengan masyarakat agar lebih mudah dalam mengurus segala perizinan. 

"Dengan kedatangan Komisi II DPR RI, sekaligus juga untuk memperlihatkan bahwa Kulon Progo punya fasilitas ini (MPP) yang mungkin di daerah lain belum ada," paparnya. 

Ia menambahkan, keberadaan MPP Kulon Progo merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang diamanatkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB). 

“MPP Kulon Progo merupakan MPP yang ke-11 kalau dilihat secara menyeluruh di Indonesia. MPP Kulon Progo ini diresmikan oleh Menteri PAN RB, Pak Tjahjo Kumolo pada 3 Desember 2020. Namun pembangunannya sudah selesai sejak 28 Desember 2018 lalu,” imbuhnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kulon Progo, Heriyanto melanjutkan sejak dibuka keberadaan MPP Kulon Progo memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. 

Baca juga: Hujan Deras dan Angin Kencang Landa DI Yogyakarta 3 Februari 2022, Berikut Daftar Wilayah Terdampak

"Banyak masyarakat yang datang mengurus berbagai hal. Baik pajak kendaraan, perpanjangan SIM, mengurus SKCK maupun dokumen yang lain. Termasuk izin usaha," ucapnya. 

Adapun rombongan Komisi II DPR RI selain mengunjungi MPP Kulon Progo, juga melakukan diskusi bersama sejumlah instansi terkait yang berkaitan dengan pelayanan publik di Aula Adikarto, Kompleks Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved