Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

Sebanyak 24 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Yogyakarta Sudah Tervaksin Covid-19 

Sebanyak 24 ribu anak usia 6-11 tahun di Kota Yogyakarta sudah tervaksin Covid-19, sampai Kamis (13/1/2022). Jumlah tersebut, mencapai 81,51 persen

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Seorang siswa tengah mendapat injeksi vaksin Covid-19, SD Mendungan II Yogyakarta, Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 24 ribu anak usia 6-11 tahun di Kota Yogyakarta sudah tervaksin Covid-19, sampai Kamis (13/1/2022).

Jumlah tersebut, mencapai 81,51 persen dari target Kemenkes RI sebanyak 29.821 anak. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengatakan, jika merujuk target pemerintah pusat, maka dalam beberapa hari ke depan vaksinasi anak bisa rampung keseluruhan, atau 100 persen. 

Tetapi, ia menandaskan, Pemkot Yogyakarta mengacu pada total jumlah anak usia 6-11 tahun yang melakoni studi di wilayahnya.

Baca juga: Bertahan 3 Hari Nol Kasus, Gunungkidul Catatkan 1 Konfirmasi Positif Baru Hari Ini

Sehingga, didapat jumlah 41 ribu yang jadi sasaran imunisasi dengan jenis Sinovac itu. 

"Kemungkinan yang target Kemenkes RI itu kan penduduk kota yang usia 6-11 tahun. Tapi, kita punya tanggung jawab pada siapapun yang aktivitasnya di kota," urainya, di sela vaksinasi di SD N Mendungan II Yogyakarta. 

"Jadi, kita basisnya sekolah. Sehingga, seluruh siswa yang sekolahnya di kota, meski dia penduduk luar kota, ya, tetap masuk jangkauan vaksin kami," ujar Emma. 

Walau begitu, Kadinkes memastikan, meski jumlah sasaran jauh melebihi target dari Kemenkes, proses vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun ini, dapat diselesaikan dalam waktu dekat, terutama untuk dosis pertama. 

"Apalagi, sekarang sudah lebih dari 60 persen dari sasaran. Kemungkinan, yang 41 ribu bisa kami selesaikan pada 19 Januari ini, dosis satunya. Kemudian, dilanjutkan dosis keduanya, sampai Februari itu," tandasnya. 

Baca juga: Pantai Baron-Kukup Akan Jadi Kawasan Terintegrasi, Nelayan: Bagaimana Pendaratan Kapal Kami

Sementara Koordinator Vaksinasi Badan Intelejen Daerah (Binda) DIY, AKBP Sugiyono, menambahkan, dalam proses vaksinasi massal di SD N Mendungan II Yogyakarta itu, pihaknya menyasar lebih kurang 354 anak. 

Ia pun menuturkan, sepanjang pelaksanaan vaksinasi anak, Binda DIY yang kerja sama dengan Dinkes Kota Yogya dan sekolah, telah mengalokasikan lebih dari 3.000 dosis yang menyasar para peserta didik di kota pelajar. 

"Kalau secara keseluruhan, tadi sudah disampaikan Bu Kadinkes, mencapai 24 ribu sekian untuk usia 6-11 tahun. Kita akan terus mengawal sampai semua siswa di kota 100 tervaksin keseluruhan," pungkasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved