Breaking News:

Vaksin Booster

Inilah Vaksin Booster yang Diizinkan BPOM, Coronovac, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, Zifivax

BPOM menerbitkan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization-EUA) bagi lima vaksin Covid-19 untuk booster pada subyek dewasa berusia 18 tahun

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Daniel LEAL / AFP
Ilustrasi Vaksin Booster 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization-EUA) bagi lima vaksin Covid-19 untuk booster pada subyek dewasa berusia 18 tahun ke atas.

Lima jenis vaksin Covid-19 itu adalah Coronovac PT Biofarma, AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivax.

"Alhamdulillah kami Badan POM bisa melaporkan beberapa vaksin yang sudah mendapatkan izin penggunaan sebagai vaksin booster," ujar Kepala BPOM RI, Penny K Lukito, dalam konferensi pers virtual, Senin (10/1/2022).

Disebutkan, pemberian izin penggunaan darurat vaksin booster tersebut telah mendapatkan persetujuan dan melalui proses evaluasi bersama tim ahli komite nasional penilai obat atau vaksin.

Pemberian vaksin booster ini akan dilakukan dengan dua skema, yakni homologous dan heterologous.

Homologous yakni pemberian vaksin yang sama dengan vaksin dosis 1-2. Sedangkan Heterologous adalah memberikan vaksin booster dengan jenis vaksin yang berbeda dari dosis 1 dan dua.

"Ada 5 jenis vaksin sampai dengan saat ini, dan ada juga beberapa yang sedang uji klinik vaksin, dalam waktu beberapa hari ini juga bisa kita putuskan juga EUA-nya," kata Penny.

"Kita semua menyadari bahwa vaksin booster dibutuhkan tentunya untuk kita bisa menangani permasalahan pandemi ini agar cepat keluar," imbuhnya.

Pemerintah akan memberikan vaksin booster mulai 12 Januari 2022.

Pada kesempatan itu, Penny menjelaskan, berdasarkan pengamatan uji klinik yang berkembang di negara lain maupun juga di Indonesia dalam kurun waktu yang panjang, telah menunjukkan bahwa respons imun menurun hingga 30 % seiring dengan waktu.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved