Breaking News:

Kisah Tuna Netra asal Klaten Terjemahkan Modul Pengurangan Risiko Bencana ke Huruf Braille

Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, seorang tuna netra berhasil menerjemahkan modul pengurangan risiko bencana (PRB) ke dalam huruf Braille

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Eko Suwasto saat membaca modul PRB dengan huruf Braille yang ia terjemahkan saat ditemui di sekretariat PPDK Klaten, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Hari Braille Sedunia atau World Braille Day diperingati setiap tanggal 4 Januari.

Peringatan Hari Braille Sedunia ini untuk menghormati kelahiran penemu huruf Braille yakni Louis Braille.

Adanya Braille, orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan memiliki kesempatan besar untuk bisa membaca dengan cara menyentuh huruf timbul atau huruf Braille itu.

Di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, seorang tuna netra berhasil menerjemahkan modul pengurangan resiko bencana (PRB) ke dalam huruf Braille.

Modul tersebut kini telah diperbanyak dan digunakan sebagai panduan bagi para penyandang tuna netra di Klaten untuk mitigasi bencana.

"Ini translate huruf, dari huruf visual ke huruf braille. Kebetulan, saya sebagai tuna netra punya peralatan untuk membuat modul dengan menggunakan huruf braille.

Saya latarnya tidak bisa melihat permanen sejak kelas 3 SMP atau saat umur 16 tahun hingga sekarang.

Sejak saat itu, saya belajar huruf braille selama 7 bulan hingga akhirnya bisa membaca," ujar Penerjemah modul PRB itu, Eko Suwasto, saat TribunJogja.com temui di sekretariat Perkumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK), Selasa (4/1/2022).

Menurut pria yang baru saja purna tugas sebagai PNS pada tiga tahun lalu itu, untuk membuat huruf Braille ada tiga cara.

Pertama menggunakan reglet atau sebuah benda untuk membuat titik-titik timbul yang akan membentuk suatu pola yang mengacu pada huruf-huruf Braille.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved