Breaking News:

Kapan Lagi, Now or Never, Juara Piala AFF 2020

Jika melihat pencapaian PSSI pada ajang AFF saat ini , tampaknya harapan kita semua untuk memiliki kesebelasan nasional juara.

Editor: ribut raharjo
@affsuzukicup
Timnas Indonesia saat melawan Vietnam di Bishan Stadium Singapura, Rabu (15/12/2021) 

Oleh: Dr Andry Wibowo SIK MH MSi

TRIBUNJOGJA.COM - Terus terang saya bukan pemain sepak bola, tetapi pastinya saya penggemar sepak bola yang menjadikan industri sepak bola sebagai salah satu tontonan menarik akhir pekan sekaligus memonitor dinamikanya termasuk perkembangan klub-klub favorit saya seperti Liverpool.

Untuk urusan sepak bola di Tanah Air sebagai orang Indonesia pastinya selalu mengikuti perkembangannya, apalagi saat ini bekerja sebagai polisi yang sering berurusan dengan kegiatan persepakbolaan nasional khususnya kaitannya dengan mengelola keamanan , keselamatan dan ketertiban penonton, panitia , atelit dan pemain serta publik secara umum pada setiap event penyelenggaraan pertandingan sepak bola .

Puncak dari perhatian saya terhadap sepak bola nasional dan dunia dibuktikan dengan perhatian saya pada riset-riset yang berkaitan dengan perilaku kolektif khususnya pada perilaku kolektif para supporter sepak bola di Indonesia dan dunia yang bagi saya menjadi ruang pembelajaran bagi banyak hal yang berkaitan dengan urusan urusan yang berkaitan dengan populasi dan peradabannya.

Kembali pada judul di atas , bahwa pertandingan sepak bola dalam level apapun menghasilkan berbagai perspektif realitas yang bisa di pelajari apalagi pertandingan kemarin antar negara bangsa yang tentunya menghasilkan potret pertaruhan martabat bangsa dan negara atau disebut dengan nationality pride yang mendorong inter nationality rivality yang sejatinya dalam potret day to day politic , nationality pride dan inter nationality rivality adalah suatu kondisi yang selalu terjadi dari zaman ke zaman, sehingga sejatinya harmoni dunia adalah sesuatu yang diusahakan secara dinamis dalam kondisi tarikan rivalitas antar negara dan bangsa kebanggaan negara dan bangsa yang hanya umumnya pendekatannya adalah menang dan kalah.

Berikutnya adalah untuk menumbuhkan national pride yang mampu berkompetisi dalam rivalitas antar negara dan bangsa dibutuhkan bekerjanya sistem negara dan bangsa secara efektif untuk menghasilkan suatu kesiapan kolektif yang mampu dikompetisikan dengan kesiapan kolektif dari sistem negara dan bangsa yang lain.

Hasil di lapangan pertandingan dapat menjadi potret kesiapan kolektif tersebut setidaknya mulai dari pemain , pelatih , PSSI yang merupakan pengenjawantahan dari hubungan dari sistem dan sub sistem dalam dunia sepak bola Tanah Air.

Jika melihat pencapaian PSSI pada ajang AFF saat ini , tampaknya harapan kita semua untuk memiliki kesebelasan nasional yang dapat dijadikan icon national pride dapat digantungkan khususnya ketika kesebelasan Indonesia berhasil mencapai final piala AFF 2021 (kawasan ASEAN ).

Point of concern berikutnya adalah Game Plan yang menyangkut pemahaman kita terhadap kompetitor yang akan dihadapi dan bagaimana memilih game plan yang cocok atau adaptive terhadap tantangan yang dihadapi dan dilaksanakan yang disesuaikan aspek sumber daya sendiri secara disiplin dan konsisten .

Game Plan merupakan merupakan skenario strategi maupun taktis dalam memenangkan suatu pertandingan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved