Breaking News:

Apa Kata Ahli, Program Diet untuk Kendalikan Kolesterol dan Tekanan darah

kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan mengikuti program diet portofolio.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
medicalnewstoday.com
ilustrasi 

Tribunjogja.com -- Kolesterol dan tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan mengikuti program diet portofolio.

Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, dua masalah kesehatan yang harus segera mendapatkan perawatan.

Selain menjalankan gaya hidup sehat, menjaga pola makan menjadi beberapa cara untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Mengutip dari NDTV, diet portofolio efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

Diet ini bisa menurunkan tekanan darah rata-rata 2% pada peserta penelitian bila dibandingkan dengan diet lain yang direkomendasikan untuk menurunkan hipertensi.

Sekedar info, diet portofolio termasuk makanan yang terbukti secara ilmiah menurunkan kolesterol seperti kacang-kacangan campuran, protein kedelai, sterol (banyak ditemukan di minyak sayur dan sayuran), dan serat kental (gandum, barley, dan terong) "

Ini adalah temuan sekunder yang penting untuk penelitian asli, menambah literatur yang menghubungkan diet dengan kesehatan," kata Dr. David Jenkins, Penulis Utama Studi Rumah Sakit St Michael dan Professor University of Toronto.


"Sekarang kami bisa mengatakan bahwa diet portofolio ideal untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular secara keseluruhan," tambahnya.

Metode perbandingan, pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi atau diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menekankan buah, sayuran dan biji-bijian, mengurangi asupan daging dan susu dan menghilangkan makanan ringan.

Penurunan tekanan darah dua persen sederhana pada "diet portofolio" adalah tambahan untuk peningkatan tekanan darah lima sampai 10 mm yang terkait dengan diet tipe DASH.

Meskipun diet DASH memiliki tingkat kepatuhan yang lebih tinggi, "diet portofolio" lebih efektif dalam mengurangi tekanan darah.

Tekanan darah tinggi dan kolesterol merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular dan stroke. "Pendekatan diet ditemukan sama efektifnya dengan dosis awal rata-rata obat tekanan darah tunggal," tambah Dr Jenkins.


Secara keseluruhan, penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan nabati yang menekankan makanan tinggi protein, minyak dan serat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan stroke.

Penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Disease. (kontan)

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved