Breaking News:

Bank BPD DIY Resmikan Kampung Digital Langenastran, Pelaku Usaha Sekitar Sudah Punya QRIS

Bank BPD DIY berkomitmen untuk terus membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertransformasi secara digital.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Ardhike Indah
Wali Kota Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti dan Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad membeli makanan yang dijual pelaku usaha di Kampung Digital Langenastran dan membayar dengan QRIS, Sabtu (18/12/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM - Bank BPD DIY berkomitmen untuk terus membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bertransformasi secara digital.

Untuk itu, Kampung Langenastran yang terletak di Kalurahan Panembahan, Kemantren Kraton resmi menjadi kampung digital. Ada sekitar 50 pelaku UMKM yang sudah memiliki Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

Dengan begitu, para pelaku usaha bisa memberikan layanan transaksi nontunai kepada pembeli melalui QRIS tersebut.

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad menyampaikan, pencanangan ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Bank BPD DIY.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Berharap Aplikasi Visiting Jogja Memberi Manfaat untuk Pengelola Destinasi

“Karyawan Bank BPD DIY juga ditugasi untuk membuat Digi-Planning. Bagaimana menyiapkan pemberdayaan masyarakat melalui digitalisasi,” ucapnya di sela-sela peresmian, Sabtu (18/12/2021) di Kampung Langenastran.

Dia mengatakan, selain digiplan, karyawan Bank BPD juga diminta melakukan Digi-Shop, Digi-Content dan Digi-Army sebagai satu kesatuan untuk membantu pelaku usaha bertransformasi digital.

Lanjutnya, transaksi tidak hanya dari mitra BPD DIY tetapi juga turunan dari mitra. Pihaknya pun menyediakan agen bank di Kampung Langenastran.

"Dari agen mereka bisa melakukan mini ATM, mulai dari membuka rekening sampai bisa proses transaksi-transaksi dasar di perbankan," katanya.

Pengelola Food Court dan Pasar Sore Langenastran, Ardianto Setyo Jati menjelaskan, pihaknya merasa terbantu dengan adanya pendampingan dari Bank BPD DIY menuju ke ranah transaksi digital.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved