Breaking News:

ADVERTORIAL

Dongkrak Pemasaran, Pemkab Sleman Gelar Festival UMKM Sembada

Tujuan dari festival ini untuk meningkatkan promosi dan transaksi bagi UMKM binaan Dinkop UKM yang transaksinya masih rendah.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa (tengah) membuka festival UMKM Sembada di Pendopo Parasamya Sleman, Jumat (3/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menjadi sektor paling terdampak pandemi Covid-19 yang telah mendera hampir dua tahun terakhir.

Padahal, sektor ini, menjadi penggerak perekonomian masyarakat.

Untuk itu, dalam menggeliatkan kembali produk UMKM, Pemerintah Kabupaten Sleman, melalui Dinas Koperasi dan UKM menyelenggarakan Festival UMKM tahun 2021. 

Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman, Endah Sri Widiastuti mengatakan, festival UMKM merupakan kegiatan rutin.

Pada tahun ini, pelaksananya bekerjasama dengan PT Gojek.

Tujuan dari festival ini untuk meningkatkan promosi dan transaksi bagi UMKM binaan Dinkop UKM yang transaksinya masih rendah.

Baca juga: Cerita Pelaku UMKM di Sleman Perlahan Bangkit Mencoba Bertahan Meski Pandemi Tak Bertepi

Selain itu, juga untuk meningkatkan kepatuhan UMKM, khususnya di bidang kuliner dalam kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mencatatkan diri dalam data base satu data UMKM Kabupaten Sleman

Menurut dia, Pembiayaan dalam kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama antara Gojek dan Pemkab Sleman. Gojek mempromosikan banner pada aplikasi Go-food.

Sementara Pemkab Sleman, mengalokasikan untuk subsidi ongkos kirim (ongkir) dengan harapan dapat meningkatkan transaksi. 

"Kami mensubsidi ongkir kirim Rp 10 ribu, untuk minimal sekali transaksi Rp15 ribu," kata dia, dalam pembukaan Festival UMKM Sembada di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Jumat (3/12/2021). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved