Breaking News:

PERHATIKAN, Ada yang Aneh dalam Foto Wisma Kaliurang Era Kolonial Ini

Foto Wisma Kaliurang era Kolonial Belanda ini menarik perhatian banyak orang. Lantaran ada keganjilan pada latar belakang foto tersebut

IST
Foto Wisma Kaliurang era kolonial Belanda yang memicu banyak pertanyaan, terutama pada bagian latar belakang bangunan 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Foto tempo dulu panorama dan bangunan di Kaliurang ini sudah beredar luas dari berpuluh tahun lalu.

Foto jadul ini diproduksi kolonialis Belanda, dan dari riwayatnya, dijadikan foto promosi keindahan Kawasan sejuk Kaliurang untuk tetirah tamu-tamu asing.

Tapi apakah Anda pernah terpikir ada sebuah keanehan yang menyolok mata di foto ini? Apakah itu dan bagaimana bisa terjadi?

Foto kuno ini menampakkkan bagian depan Hotel Kalioerang atau sekarang Bernama Wisma Kalioerang.

Lokasinya di sisi barat Kawasan wisata Kaliurang, dan jadi satu di antara belasan atau puluhan bangunan cagar budaya buatan masa kolonial.

Letaknya ada di seberang Wisma Hastorenggo, vila dan tempat tetirah keluarga Kasultanan Yogyakarta.

Dua komplek bangunan ini, Wisma Kalioerang dan Wisma Hastorenggo juga menjadi situs sejarah karena di tempat inilah digelar Perundingan Kaliurang.

Ini babak penting dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, sebelum gelaran Perjanjian Renville yang menentukan.

Foto Wisma Kaliurang saat ini
Foto Wisma Kaliurang saat ini (TRIBUNJOGJA.COM | Setya Krisna Sumarga)

Sri Sultan Hamengkubuwono IX menyediakan Wisma Hastorenggo sebagai bagian fasilitas untuk para tamu diplomatik sebelum bertemu di Wisma Kaliurang.

Perundingan Kaliurang 13 Januari 1948 memang digelar di Wisma Kaliurang, bukan di Wisma Hastorenggo. Indonesia diwakili Presiden RI Ir Soekarno dan Wapres Mohammad Hatta.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved