Breaking News:

Literasi Digital Netizen Fair 2021 Ajak Masyarakat Berlorenasi Dengan Internet

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 23 dan 24

TRIBUNJOGJA.COM/ Christi Mahatma Wardhani
Kegiatan Literasi Digital Netizen Fair 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi di Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta, Rabu (24/11/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 23 dan 24 November 2021.

Literasi Digital dilaksanakan secara serentak di Indonesia. Ada 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi yang terlibat, termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di ballroom Hotel Merapi Merbabu.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A Pangerapan mengatakan pengguna internet di Indonesia bertambah sejak adanya pandemi Covid-19.

Sehingga diperlukan literasi digital, agar masyarakat lebih efektif  dan produktif dalam memanfaatkan internet.

Baca juga: PSIM Yogyakarta 1-0 PSG Pati, Seto Nurdiyantoro: Perjuangan Belum Selesai!

Harapannya masyarakat bisa memiliki empat nilai kecakapan digital. Empat kecakapan digital tersebut adalah etika digital, budaya digital, keterampilan digital, dan keamanan digital.

Agar masryakat semakin cakap, maka pihaknya perlu melakukan literasi digital secara masif.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak sekali kegiatan yang beralih ke digital. Sehingga penguatan literasi sangat dibutuhkan, agar masyrakat bisa memanfaatkan teknologidengan baik," katanya secara virtual dalam Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Hotel Merapi Merbabu, Rabu (24/11/2021).

"Kominfo sebagai garda terdepan, yang memimpin upaya transformasi digital, kami punya peran sebagai regulator dan fasilitator. Sehingga harus dilaksanakan secara masif dan menjangkau seluruh masryakat. Jangan sampai ada yang ketinggalan," sambungnya.

Pada kegiatan tersebut netizen Yogyakarta diajak untuk mendengarkan talkshow dengan beberapa pembicara. Salah satunya adalah Nina Ulfah N Gaffar yang merupakan Praktisi Pariwisata dan Relawan MAFINDO. Nina mengungkapkan budaya digital membentuk cara berkomunikasi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved