Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Jalan Deles-Kaliwuluh di Lereng Merapi Klaten Rusak, DPUPR Siapkan Dana Rp 5 Miliar untuk Perbaikan

DPUPR Klaten siapkan Rp 5 miliar untuk memperbaiki Jalan Deles-Kaliwuluh yang rusak.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Sejumlah warga saat melintasi Jalan Deles-Kaliwuluh di Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu (24/11/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menyebut jika pihaknya telah menyiapkan dana sekitar Rp 5 miliar untuk memperbaiki Jalan Deles-Kaliwuluh yang rusak sejak beberapa waktu belakangan.

Jalan Deles-Kaliwuluh merupakan jalur evakuasi Gunung Merapi bagi warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) I, II dan III.

"Insya Allah tahun depan ada anggaran sebesar Rp 5 miliar untuk pembangunan jalan Deles-Kaliwuluh," ujar Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Klaten, Suryanto saat Tribunjogja.com konfirmasi, Rabu (24/11/2021).

Menurut Suryanto, nantinya pengerjaan jalan Deles-Kaliwuluh itu bakal dilakuka dari bagian atas ke bawah.

Baca juga: Jalan Deles-Kaliwuluh di Lereng Merapi Klaten Rusak, Warga Minta Segera Diperbaiki

Selama ini, perawatan atau pemgerjaan jalan tersebut dilakukan dari bawah ke atas.

Menurut Suryanto, sejak merebaknya pandemi Covid-19 di Kabupaten Klaten pada tahun 2020 dan 2021, banyak anggaran di bidangnya yang ikut terpangkas.

Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, kata dia selalu mengusulkan bantuan pembangunan jalan Deles-Kaliwuluh itu melaui APBD maupun bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, Pembangunan jalur evakuasi Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Kemalang sudah dimulai sejak tahun anggaran 2017 silam yang dimulai dari ruas jalan Mipitan - Pasar Kembang, Pasar Kembang - Dompol serta Dompol - Kaliwuluh.

"Sebenarnya dari dulu kita sudah memperioritaskan jalan evakuasi Merapi sejak tahun 2017. Beberapa jalan sudah di bangun, namun memang tahun 2020 dan sekarang pandemi jadi banyak anggaran yang direfocusing," ulasnya.

Baca juga: Sering jadi Lokasi Balap Liar Polisi Pasang Pita Kejut di Jalan Alternatif Klaten-Boyolali

Sementara, seorang warga Desa Sidorejo, Sukiman mengatakan jika jalan yang rusak di desanya hampir sepanjang 6 kilometer.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved