Breaking News:

Gula Darah

Aman dan Cepat, Begini 4 Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Untuk mengelola kadar gula darah agar tetap terkendali dengan baik, kita harus benar-benar mengetahui apa saja pemicu potensialnya. 

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
ndnr.com
ilustrasi minum air putih 

Tribunjogja.com - Diabetes adalah penyakit sistemik yang terkait dengan peningkatan gula darah dari waktu ke waktu.  

Kondisi tersebut dapat menimbulkan masalah pada mata, ginjal, saraf, kaki, serta jantung. 

Oleh sebab itu, untuk mengelola kadar gula darah agar tetap terkendali dengan baik, kita harus benar-benar mengetahui apa saja pemicu potensialnya. 

Ilustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes
Ilustrasi tes kadar gula darah, penyakit diabetes ((SHUTTERSTOCK/Proxima Studio))

Kadar gula darah yang tidak stabil bisa meningkatkan risiko komplikasi penyakit.

"Mungkin hal pertama yang dipikirkan kebanyakan orang adalah makanan, khususnya, karbohidrat sederhana yang menjadi penyebab." Demikian penjelasan seorang ahli endokrinologi dan asisten profesor kedokteran di Duke University, Beatrice Hong. 

Ada pun karbohidrat sederhana yang memiliki indeks glikemik tinggi, yang menyebabkan lonjakan gula darah dengan cepat antara lain roti putih, kentang, dan nasi. 

Di samping itu, penyebab umum kenaikan gula darah adalah kadar insulin yang rendah di dalam tubuh. Menurunkan gula darah dengan cepat dan aman 

1. Meningkatkan insulin 

Menurut seorang ahli endokrinologi, Lorena Wright, insulin adalah hormon normal dalam tubuh yang biasanya diproduksi oleh pankreas. 

"Insulin bertindak untuk mengangkut glukosa dari darah dan ke dalam sel sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar," kata dia.  Jadi, bagi para penderita Diabetes yang memiliki gula darah tinggi, mereka harus memberikan diri lebih banyak insulin untuk membantu pergerakan glukosa ke dalam sel.  Sehingga, kadar gula darah bisa cepat turun dan sel dapat menerima lebih banyak bahan bakar atau glukosa. 

Baca juga: Penderita Diabetes Harus Hati-hati, 3 Makanan Sehat Ini Diam-diam Bisa Bikin Gula Darah Melonjak

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved