Breaking News:

Headline

Reservasi Hotel Nyaris Penuh, PHRI Berharap Wisata Buka di Akhir Tahun

Deddy Pranowo Eryono: "Sampai dengan saat ini reservasi di periode tanggal 22 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 mencapai 70 persen.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Mona Kriesdinar
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Suasana kawasan Malioboro yang tampak dipadati wisatawan pada Minggu (10/10/2021) siang. 

TRIBUNJOGJA.COM, TRIBUN - Mendekati libur perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru) tingkat pemesanan atau reservasi kamar hotel di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mencapai 70 persen.

Kendati ada rencana pemerintah pusat menyeragamkan level PPKM diseluruh wilayah Jawa-Bali dan wilayah lainnya menjadi level 3, namun tampaknya hal itu tidak berpengaruh bagi pengusaha hotel di DIY.

"Sampai dengan saat ini reservasi di periode tanggal 22 Desember 2021 sampai dengan 2 Januari 2022 mencapai 70 persen. Kami berharap selalu kondusif dan baik-baik saja ke depannya," ucap Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo Eryono, Senin (22/11/2021).

Dia berharap pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan yang berdampak buruk terhadap industri pariwisata, termasuk penyedia jasa hotel.

Deddy juga meminta, supaya wacana soal penerapan PPKM level 3 di semua wilayah di Indonesia saat akhir tahun nanti tidak berimbas signifikan terhadap dunia pariwisata di DIY.

Sebab, menurutnya, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin adakah kunci dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami berharap agar semuanya bisa berjalan berdampingan. Artinya pemerintah juga memikirkan soal pariwisata sambil kesehatan dijaga dengan optimal. Kami juga terbuka, misal ada anggota kami atau pelaku pariwisata yang melanggar langsung ditindak tegas," imbuhnya.

Di sisi lain, dia menyebut bahwa Kota Yogyakarta juga sudah menerapkan kebijakan skrining yang ketat terhadap wisatawan dengan skema satu pintu masuk bagi bus pariwisata. Sistem itu menurutnya merupakan langkah yang tepat dalam mencegah potensi lonjakan kasus Covid-19.

"Itu saya pikir bagus sebagai langkah skrining, sehingga berlapis. Ketika wisatawan masuk dicek, kemudian saat di hotel juga diperiksa kembali. Soal vaksinasi kan kita juga signifikan. Nah, ini yang memang perlu dijaga. Kami senantiasa berharap bahwa ke depan kondisinya tetap kondusif," tandasnya.

Tunggu aturan

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved